alexametrics

Curi Uang Rp50.000 di Kotak Amal, Pengangguran Ini Nyaris Dihajar Warga

loading...
Curi Uang Rp50.000 di Kotak Amal, Pengangguran Ini Nyaris Dihajar Warga
Petugas dari Polsek Cimahi Selatan saat mengamankan pelaku pencuri kotak amal masjid yang berhasil ditangkap di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Kamis (9/7/2020) dini hari. Foto: Dok Warga
A+ A-
CIMAHI - Pencuri kotak amal masjid di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, tertangkap tangan dan nyaris menjadi bulan-bulanan warga.

Pelaku yang bernama Sandi Meindra,21 diketahui merupakan warga sekitar dimana jarak antara rumahnya dan masjid tersebut tidak terlalu jauh.

Aksi pencurian itu dilakukan oleh pelaku pada Kamis (9/7/2020) dini hari sekitar pukul 01.45 WIB. Warga curiga karena mendengar alarm masjid berbunyi dan ketika dicek ternyata pintu masjid sudah rusak. Saat memeriksa di dalam masjid ternyata kotak amal masjid sudah dijebol dan uangnya tidak ada.

Warga yang curiga sempat melihat pelaku mencoba kabur ke sebuah gang sambil membuang kunci gembok kotak amal yang dirusak. Lalu warga yang ramai berdatangan kemudian mengejar pelaku hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap. Kesal dengan ulah pelaku, warga yang emosi lalu berusaha memukulinya. Beruntung pelaku berhasil diamankan pengurus RT dan RW untuk kemudian diserahkan ke polisi.



"Kejadiannya dini hari karena warga yang berdekatan dengan masjid mendengar suara alarm di masjid bunyi. Saat dilihat ternyata uang di kotal amal ada yang ngambil dengan cara membobol kunci gemboknya," ungkap Bhabinkamtibmas Kelurahan Baros Bripka Saepudin kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya ketika tertangkap, warga kemudian menggeledah pelaku dan didapati uang recehan senilai kurang dari Rp50.000 yang diduga kuat diambil dari kotak amal masjid. Pelaku yang merupakan pria pengangguran tersebut, tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya. Pihak kepolisian yang tiba di lokasi tak lama setelah menerima laporan, lalu membawa pelaku ke Mapolsek Cimahi Selatan.



"Pelaku berhasil diamankan jadi tidak ada aksi main hakim sendiri. Dia kini ditahan di Mapolsek Cimahi Selatan," ucapnya.(Baca juga : Tes Swab Mandiri, Ayah dan Dua Anaknya di Cimahi Positif COVID-19)

Terkait peristiwa ini, pihaknya mengimbau agar warga mengintensifkan siskamling untuk menghindari pencurian. Selain itu disarankan kepada pengelola atau DKM masjid untuk memasang CCTV sehingga bisa memudahkan penyelidikan ketika ada aksi kriminalitas.
(nun)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak