Menparekraf: Sail Tidore 2022 Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Parekraf Maluku Utara

Sabtu, 26 November 2022 - 14:43 WIB
loading...
Menparekraf: Sail Tidore 2022 Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Parekraf Maluku Utara
Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno membuka Sail Tidore 2022 didampingi sejumlah menteri. Foto/Ist
A A A
TIDORE KEPULAUAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka Sail Tidore 2022, Sabtu (26/11/2022).

Event yang digelar di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di Maluku Utara.

Baca juga: Sail Tidore 2021 Jadi Ajang Pembangunan Ekonomi Maluku Utara

Sail Tidore yang ke-12 kalinya ini mengusung tema ‘Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa’. Kegiatan ini menjadi momentum pemacu pertumbuhan ekonomi lokal di tengah tantangan ekonomi global. Selain itu mengenalkan potensi Tidore dan Maluku Utara secara keseluruhan kepada investor dan wisatawan mancanegara (wisman).

“Saya mengapresiasi kesuksesan kerja kolaborasi Sail Tidore ke-12. Ini adalah momentum kita untuk kebangkitan ekonomi khususnya di sektor pariwisata yang berbasis event. Namun di sisi lain pelaku UMKM dan ekonomi kreatif juga terbantu ekonominya sehingga meningkat kesejahteraan hidupnya,” katanya.

Sandiaga Uno mengatakan, Tidore yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), destinasinya harus terus disiapkan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Hal itu terlihat saat event Sail yang sempat vakum selama 3 tahun lantaran pandemi itu semakin semarak karena dihadiri semua unsur masyarakat. Mulai dari pemerintah pusat hingga masyarakat.

Baca juga: Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Gelar Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya



“Kami melihat banyak Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah hingga UMKM yang terlibat. Kami akan dorong Maluku Utara menjadi provinsi terbahagia di Indonesia, terendah inflasi, terendah pengangguran, dan tertinggi pertumbuhan ekonominya. Kita akan pastikan untuk mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani, dan Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2459 seconds (10.101#12.26)