552 Kapal Nelayan Tradisional di Pesisir Indonesia Dapat Bantuan Pengecatan

Sabtu, 26 November 2022 - 10:11 WIB
loading...
552 Kapal Nelayan Tradisional di Pesisir Indonesia Dapat Bantuan Pengecatan
Nippon Paint membantu mewarnai 552 kapal nelayan tradisional di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. (Ist)
A A A
CIREBON - Nippon Paint membantu mewarnai 552 kapal nelayan tradisional di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. Nippon Paint mendonasikan cat sebanyak 3.105 liter Nippon Bee Brand 1.000 dan Cooper Paint Anti-Fouling untuk 552 kapal nelayan di Desa Bandengan Cirebon, Desa Alasdowo Pati, Pantai Sadeng Yogyakarta, Desa Bandengan Kendal dan Desa Mulyorejo Pekalongan.

"Rangkaian kegiatan donasi kepada 552 kapal ini merupakan bentuk kepedulian Nippon Paint kepada para nelayan tradisional di Indonesia untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan," kata Sales Manager Nippon Paint Indonesia, Exwin Subianto, Sabtu (26/11/2022).

Donasi cat ini, kata dia, merupapakan program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives di sepanjang tahun 2022. Komitmen Nippon Paint dalam program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives selaras dengan lima dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

"Meliputi, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan, hingga penataan kota dan permukiman ramah lingkungan," tuturnya.

Dia mengungkapkan, untuk kebutuhan perawatan kapal, Nippon Paint merupakan pemain lama yang menghadirkan cat khusus untuk perawatan kapal kayu maupun besi, seperti Nippon Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling.

Sekretaris Forum Nelayan Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Nursalim mengatakan, berbicara mengenai nelayan, tentu tidak luput dari transportasi yang digunakan yakni kapal. Maka itu, perawatan kapal harus tetap terjaga.

“Kapal merupakan jantung bagi nelayan untuk menangkap ikan di laut sehari-harinya sehingga nelayan juga harus memperhatikan kondisi kapal agar laik laut dan layak melakukan pelayaran,” ujar Nursalim.

Baca: Akibat Pecah Ban, Truk Tronton Tabrak Warung Gorengan di Jalur Lintas Sumatera.

Sementara itu, Ketua Kampung Nelayan Desa Jambean Pekalongan Rajan mengatakan, keunggulan utama Nippon Bee Brand 1.000 dari yang lainnya adalah memiliki daya tutup sempurna, daya sebar lebih luas, dan proteksi yang baik terhadap karat. Selain itu, kata dia, tersedia lebih dari 10.000 warna, memudahkan nelayan saat menghiasi kapal dengan motif dan warna tertentu.

Perawatan kapal yang maksimal juga dapat dibarengi dengan penggunaan Nippon Copper Paint Anti-Fouling pada bagian bawah kapal untuk mencegah menempelnya tumpukan hama teritip dan menjaga bobot kapal sehingga tidak boros dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini tentunya dapat membuat biaya operasional kapal menjadi lebih hemat dan performansi kapal tetap prima.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1915 seconds (10.55#12.26)