248 Kali Gempa Susulan Guncang Cianjur, BMKG Sebut Tidak Membayahakan

Jum'at, 25 November 2022 - 18:53 WIB
loading...
248 Kali Gempa Susulan Guncang Cianjur, BMKG Sebut Tidak Membayahakan
Tim SAR gabungan melakukan proses pencarian korban gempa Cianjur. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Sejak terjadinya gempa dahsyat yang berpusat di daratan di Kabupaten Cianjur, pada Senin (21/11/2022) lalu, BMKG mencatat sudah terjadi 248 gempa susulan. Namun masyarakat diimbau untuk tidak panik, dan tetap waspada.

Baca juga: Update Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Jadi 310 Orang, 24 Hilang

Deputi Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi mengatakan, magnitudo terbesar gempa susulan adalah 4,2 dan paling kecil yaitu 1,2. Walaupun demikian, intensitas gempa hingga hari ini terus menurun.



"Ini Alhamdulillah terus menurun, walaupun satu dua kali dirasakan gempa, tapi tidak membayakan," kata Suko saat konferensi pers di Cianjur, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Sikat Dana Desa Rp548,52 Juta, Kades di Pali Dijebloskan Tahanan

Sedangkan untuk cuaca esok hari, BMKG memprediksi di Cianjur akan sama dengan hari ini. Dengan demkian, hujan akan tetap terjadi saat evakuasi pada Sabtu (26/11/2022) besok.

Disinggung soal bencana atau longsor susulan, Suko menjelaskan, gempa susulan yang terjadi di Cianjur sangat kecil. Namun, persoalannya ketika hujan terus turun maka akan menyebabkan tanah semakin gembur. "Sehingga ada goyangan sedikit, tanah akan ke-trigger untuk turun," jelasnya.

Baca juga: Miris! Bayi Laki-laki Dibuang di Depan Rumah Kepala Dusun di Gampong Lam Ara

Oleh karena itu, BMKG terus memberikan informasi cuaca secara real time agar tim evakuasi di lapangan bisa mengantisipasi jika keadaan cuaca memburuk. "Hujannya tidak terlalu besar, hanya agak lama, ini harus diwaspadai tapi. Besok insya Allah masih seperti ini," pungkasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1854 seconds (11.252#12.26)