500 Mahasiswa Puncak Jaya Rasakan Manfaat Beasiswa Dana Otsus Papua

Kamis, 24 November 2022 - 07:06 WIB
loading...
500 Mahasiswa Puncak Jaya Rasakan Manfaat Beasiswa Dana Otsus Papua
Bupati Puncak Jaya, Jaya Yuni Wonda menyatakan 500 mahasiswa dari wilayahnya mendapat beasiswa Dana Otsus Papua. Foto/Ist
A A A
PUNCAK JAYA - Dana Otonomi Khusus (Otsus) semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Papua. Di antaranya yang dilakukan Pemkab Puncak Jaya dengan mengelola Dana Otsus untuk peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM).

Upaya itu dilakukan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Puncak Jaya untuk kuliah tingkat strata satu (S1) hingga strata tiga (S3).

Baca juga: Mahfud MD Beberkan Sumber Dana Otsus Papua Sebesar Rp1.000 Triliun

Bupati Puncak Jaya, Jaya Yuni Wonda menyatakan bahwa terdapat sekitar 500 mahasiswa dari wilayahnya mendapat beasiswa yang kini belajar di berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

“Beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari Puncak Jaya. Baik itu program S1 hingga S3 dibiayai melalui beasiswa,” ujar Bupati Wonda, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, Bupati Wonda menerangkan bahwa dana Otsus juga digunakan untuk merehabilitasi asrama mahasiswa yang berada di lima kota, yaitu Jayapura, Manokwari, Manado, Makasar, dan Yogyakarta.

Dana Otsus bagi Puncak Jaya sebesar Rp80 miliar. Sedangkan anggaran bagi bidang pendidikan Puncak Jaya sebesar Rp10 miliar. Termasuk beasiswa mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Puncak Jaya. Begitu juga untuk membangun sekolah dan sarana fasilitas lain sesuai peruntukannya.

Baca juga: Dana Otsus Papua Rp1.000 Triliun, Stafsus Kemenkeu: Papua Harus Sejahtera dan Maju

Bupati Wonda pun mengemukakan bahwa ada empat program yang dibiayai Otsus, antara lain; bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian khusus untuk orang asli Papua (OAP).

"Dana Otsus sangat membantu masyarakat khususnya OAP yang ada di Kabupaten Puncak Jaya karena dana tersebut memang diperuntukkan bagi keempat program," pungkasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1585 seconds (10.101#12.26)