4 Raja yang Menumbangkan Kekaisaran Mongolia, Nomor 2 dari Nusantara

Rabu, 23 November 2022 - 14:22 WIB
loading...
4 Raja yang Menumbangkan Kekaisaran Mongolia, Nomor 2 dari Nusantara
Kekaisaran Mongolia di Asia Tengah sempat menjadi salah satu kekaisaran terbesar di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kekaisaran Mongolia di Asia Tengah sempat menjadi salah satu kekaisaran terbesar di dunia. Kekaisaran yang didirikan oleh Genghis Khan pada 1206 itu menyatukan suku nomaden di Asia Tengah.

Dikutip dari laman World History, penunggang kuda dan pemanah asli bangsa Mongol tak terbendung di Asia Tengah dan sekitarnya, mereka bahkan mengalahkan tentara Iran, Eropa Timur, China, dan banyak lagi.

Baca juga : Teleskop Surya Raksasa Dibangun di Mongolia, Pantau Letusan Matahari yang Berbahaya

Meski begitu terdapat pula beberapa kegagalan dan kekalahan yang dialami Kekaisaran Mongol. Salah satu kekalahannya bahkan terjadi di kala berhadapan dengan kerajaan nusantara.

Berikut raja yang berhasil menumbangkan kekaisaran Mongolia :

1. Sultan Qultuz - Mamluk (Mesir)

Setelah menaklukkan Persia dan Baghdad di Timur Tengah oleh Hulagu Khan pada 1258, Kekaisaran Mongolia lalu mengirim utusan ke Mamluk. Namun Sultan Qultuz justru menolak dan bahkan mengeksekusi utusan tersebut.

Akhirnya perang pun pecah di Ain Jalut, Galilea. Pasukan Malmuk berhasil menipu pasukan Mongol dengan memancing pasukan besar menggunakan pasukan kecil. Meski pasukan Mongol telah banyak berjatuhan, namun mereka berhasil mengacaukan sayap kiri pasukan Sultan Qultuz.

Kondisi tersebut justru memburuk bagi kekaisaran Mongol karena sekutu dari Suriah membelot. Hal tersebut membuat Mesir dapat menundukkan pasukan Mongol yang terkenal tangguh.

2. Raden WIjaya - Majapahit (Indonesia)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1148 seconds (10.177#12.26)