Wisatawan Gunung Bromo Ribut dengan Penjaga Juga Catut Nama Gubernur Khofifah

Rabu, 23 November 2022 - 14:30 WIB
loading...
Wisatawan Gunung Bromo Ribut dengan Penjaga Juga Catut Nama Gubernur Khofifah
Gubernur Khofifah dengan latar gunung Bromo.
A A A
SURABAYA - Pemprov Jawa Timur memastikan tidak ada agenda di Bromo pada 20 November 2022 lalu. Tidak ada undangan bagi rombongan wisatawan mengendarai Rubicon dan Land Cruiser yang viral ini mengaku diundang Gubernur Khofifah. Wisatawan ini juga ribut dengan penjaga kawasan lautan pasir Bromo.

Hal ini ditegaskan Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jatim Moh. Ali Kuncoro saat mendampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja di Kairo, Mesir, Selasa (22/11/2022). Sebelumnya, beredar kabar 12 mobil Rubicon memaksa masuk kawasan TNBTS yang berujung pada percekcokan antara petugas dan rombongan.

Baca juga: Viral Wisatawan Bromo Adu Mulut dengan Petugas Jaga, Mengaku Rombongan Pejabat

Kejadian tersebut di kawasan Pakis Binjil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Sabtu (19/11/2022). Rombongan tersebut menyebut kedatangannya atas undangan Khofifah Indar Parawansa untuk event 20 November 2022.

"Terkait hal tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, bahwa tidak ada acara tanggal 20, apalagi sampai harus menerobos masuk. Memang rencana ada fashion show di Bromo tetapi dilaksanakannya tanggal 3 Desember 2022," ucapnya.

Ali mengatakan, selain karena Fashion Show Bromo tersebut baru diadakan pada 3 Desember mendatang, Khofifah juga tidak pernah membenarkan perilaku yang tidak mematuhi peraturan.

"Kalaupun memang diundang, arahan dari Ibu Gubernur untuk tetap taat peraturan. Kalau tidak boleh pakai mobil di lautan pasir, ya harus pakai jeep. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi harus menghormati ketetapan sekitar selama itu memang benar," pungkasnya.

Ali menyampaikan apresiasi kepada petugas yang telah dengan berani menghalangi rombongan. Baginya, hal tersebut harus terus dipertahankan. "Dari petugas, Bu Gubernur sangat mengapresiasi tindakan ini," ujarnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3063 seconds (0.1#10.140)