Gempa Dahsyat Cianjur, PVMBG Ungkap Kondisi Tanah Perkuat Efek Guncangan

Senin, 21 November 2022 - 18:53 WIB
loading...
Gempa Dahsyat Cianjur, PVMBG Ungkap Kondisi Tanah Perkuat Efek Guncangan
PVMBG Badan Geologi mengungkap kondisi tanah yang menyebabkan gempa bumi di perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur. Foto/PVMBG
A A A
CIANJUR - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mengungkap kondisi tanah yang menyebabkan gempa bumi di perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur.

Menurut Kepala PVMBG Hendra Gunawan, morfologi wilayah gempa pada umumnya berupa dataran hingga dataran bergelombang, perbukitan bergelombang hingga terjal yang terletak pada bagian tenggara Gunung Gede.



Wilayah ini secara umum tersusun oleh endapan Kuarter berupa batuan rombakan gunung api muda (breksi gunung api, lava, tuff) dan aluvial sungai.

"Sebagian batuan rombakan gunung api muda tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan Kuarter tersebut pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi," jelas dia.



Selain itu pada morfologi perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan, berpotensi terjadi gerakan tanah yang dapat dipicu oleh guncangan gempa bumi kuat dan curah hujan tinggi.

Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman dan data mekanisme sumber dari BMKG dan GFZ Jerman, maka kejadian gempa bumi ini diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif.


"Tapi keberadaan sesar aktif tersebut hingga kini belum diketahui dengan baik karakteristiknya, " jelas dia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)