Banjir di Batubara Meluas ke 4 Kecamatan, Ribuan Rumah Terendam

Minggu, 20 November 2022 - 23:55 WIB
loading...
Banjir di Batubara Meluas ke 4 Kecamatan, Ribuan Rumah Terendam
Banjir di Batubara meluas, kini 4 kecamatan masih terendam banjir warga pun terpaksa mengungsi, ada juga yang memilih bertahan di rumah. Foto: iNewsTV/Fadly Pelka
A A A
BATUBARA - Tingginya curah hujan dari hulu sungai di Simalungun mengakibatkan banjir semakin meluas . Hingga saat ini banjir tidak hanya merendam desa Simpang Gambus namun kini merendam ribuan rumah di empat kecamatan.

Desa Gambus Laut, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Batubara termasuk dalam kondisi terparah.

Untuk membantu proses evakuasi Pemkab Batubara bersama TNI dan Polri secara door to door mengunjungi rumah warga guna memberikan bantuan makanan, sekaligus membantu proses evakuasi ke tenda pengungsian yang telah disediakan.

Baca juga: Mengerikan! Tembok Tempat Penangkaran Ribuan Buaya Jebol Diterjang Banjir

Kedalaman air mencapai 100 centimeter hingga 120 centimeter, sebagian warga terpaksa mengungsi di tenda pengungsian dan gedung yang telah disediakan oleh Pemkab Batubara.

Menurut data terakhir Badan Penanggulan Bencana Daerah Batubara, banjir merendam 4 kecamatan yakni, Kecamatan Lima Puluh, Lima Puluh Pesisir dan Medang, Deras dan Air Putih. Jumlah rumah yang terendam banjir kini sudah mencapai 1.374 rumah.



Camat Lima Puluh Pesisir Rozali mengatakan, kondisi air yang semakin bertambah mengakibatkan sebanyak lima ratusan rumah di Desa Gambus Laut terendam banjir.

Kepada warga yang rumahnya terendam banjir, Pemkab Batubara mengimbau agar mengungsi di tenda pengungsian yang telah disediakan pihaknya juga telah menyiapkan dapur umum dengan stok makanan yang cukup dan juga posko kesehatan.

“Untuk warga yang terdampak banjir dan memilih bertahan di rumah Pemkab Batubara juga memberikan bantuan bahan makanan berupa beras, telur, minyak goreng dan lainnya,” katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1614 seconds (11.97#12.26)