Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Kompetisi East Java Data Hackathon 2022

Sabtu, 19 November 2022 - 20:39 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Kompetisi East Java Data Hackathon 2022
Menparekraf Sandiaga Uno mendukung lomba East Java Data Hackathon 2022 di Singapore National Academic (SNA) Waru, Sidoarjo. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Lomba bertajuk East Java Data Hackathon 2022 mulai digelar Jumat (18/11/2022) hingga Minggu (20/11/2022) di Singapore National Academic (SNA) Waru, Sidoarjo. Lomba ini digelar Junior Chamber Indonesia (JCI) East Java dengan menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandi, panggilan karib Sandiaga Uno mengajak mahasiswa mengembangkan kemampuannya mengolah dan mengelola data untuk mencari solusi dari permasalahan digitalisasi.

Baca juga: East Java Data Hackathon 2022 Dorong Generasi Muda Melek Data

“Kami dukung kegiatan JCI East Java 2022,” ucap Sandiaga Uno secara virtual saat pembukaan acara East Java Data Hackathon 2022.

Ketua Panitia East Java Data Hackathon 2022 Charisel Lim mengatakan, kegiatan lomba ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa mengolah data. Mereka akan diberikan data Badan Pusat Statistik (BPS), kemudian mereka akan mengolah data tersebut untuk mencari solusi mengenai permasalahan digitalisasi yang ada di Jatim.

Setelah data diolan untuk mencari solusi permasalahan, mereka dapat merekomendasikannya kepada Diskominfo Jatim atau pihak terkait.

"Mahasiswa juga diberi pembekalan ilmu sebelum lomba dengan menganalisa data dari VAST Transport Intelligence yang juga didukung oleh Dinas Perhubungan Surabaya, " kata Charisel.

Baca juga: 110 Mahasiswa Adu Olah Data di East Java Data Hackathon 2022

Dia menambahkan, kompetisi ini diikuti 110 mahasiswa dari sekitar 20 Universitas di Jatim. Jumlah tersebut jauh dibawah jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 200 mahasiswa. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah data.

"Kami, JCI selalu ingin membangun Indonesia lebih baik. Setiap tahun kita menggelar event untuk mengedukasi mahaisswa. Tahun lalu kita bekerjasama dengan anak-anak SMK," ujarnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3261 seconds (10.177#12.26)