Buka Pomnas Ke-17 di UNP Padang, Nadiem Makarim Ajak Mahasiswa Sportif dalam Bertanding

Kamis, 17 November 2022 - 21:17 WIB
loading...
Buka Pomnas Ke-17 di UNP Padang, Nadiem Makarim Ajak Mahasiswa Sportif dalam Bertanding
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim resmi membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke-17 Tahun 2022 di Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022). Foto ist
A A A
PADANG - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ), Nadiem Anwar Makarim resmi membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-17 Tahun 2022 di Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022). Pada sambutan pembukaan yang berlangsung di Universitas Negeri Padang (UNP) itu, Nadiem menekankan pentingnya sportivitas dalam bertanding.



“Menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Sebab prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang adik-adik dapatkan, tetapi keberanian untuk tampil, termasuk keberanian untuk menerima kemungkinan tidak meraih medali tapi tetap melangkah ke depan. Itu namanya prestasi," ungkapnya.

Turut hadir dalam pembukaan Pomnas tersebut antara lain Rektor UNB Ganefri, Rektor Universitas Andalas Yuliandri dan Gubernur Sumbar Mahyedi Ansharullah. Baca juga: Inilah Riwayat Pendidikan dan Karier Nadiem Makarim, Sangat Menginspirasi

Diketahui, tema Pomnas tahun ini adalah “Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dengan moto "Hebat, Bersahabat, Terhormat". Peserta Pomnas ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

Acara Pomnas ini berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 17 hingga 26 November tahun 2022. Event ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw.

Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dilakukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Dan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem juga menekankan perlunya memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga. Hal ini sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.

Menurutnya, mengembangkan minta dan bakat merupakan hak mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Baca juga: Nadiem: Pendidikan Indonesia Memulai Transformasi Paling Progresif dalam Sejarah

"Karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti Pomnas penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi,” tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1525 seconds (10.101#12.26)