5 Raja Mataram Kuno yang Paling Lama Berkuasa, Nomor 3 Penguasa Pertama

Kamis, 17 November 2022 - 18:37 WIB
loading...
5 Raja Mataram Kuno yang Paling Lama Berkuasa, Nomor 3 Penguasa Pertama
Mataram Kuno merupakan salah satu kerajaan yang pernah hadir di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mataram Kuno merupakan salah satu kerajaan yang pernah hadir di Indonesia . Dalam sejarahnya, Kerajaan Mataram Kuno telah banyak dipimpin berbagai raja dengan masa jabatan yang relatif berbeda-beda. Ada sebagian yang cukup singkat, serta ada juga sebagian lain yang menjadi penguasa terlama.

Mengutip informasi dari dari jurnal berjudul Raja-raja Mataram Kuna dari Sanjaya Sampai Balitung Sebuah Rekonstruksi Berdasarkan Prasasti Wanua Tengah III karya Kusen, berikut lima raja Mataram Kuno yang paling lama berkuasa.

Baca juga : Letusan Gunung Merapi Hancurkan Kerajaan Mataram Kuno

1. Rakai Panangkaran

Menurut Prasasti Wanua Tengah III, Rakai Panangkaran naik tahta pada 27 November 746. Kemudian, dia diperkirakan turun dari singgasana kira-kira pada 1 April 784. Sehingga secara total dia memerintah Mataram Kuno kurang lebih 38 tahun lamanya.

Selama kepemimpinannya, Rakai Panangkaran telah banyak mengeluarkan sejumlah prasasti. Sebut saja seperti Kalasan (778 M), Kelurak (782 M), hingga prasasti Ratu Boko.

2. Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala

Rakai Kayuwangi naik tahta Mataram Kuno setelah meninggalnya Rakai Pikatan Dyah Saladu. Dia memerintah sejak 27 Mei 885 hingga akhir hayatnya sekitar 5 Februari 885.

Secara keseluruhan, Rakai Kayuwangi telah memerintah kerajaan Mataram Kuno kurang lebih 30 tahun lamanya.

3. Sanjaya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3562 seconds (11.97#12.26)