Garut Diguncang Gempa Bumi, Getarannya Terasa dari Ciamis hingga Cianjur

Sabtu, 12 November 2022 - 22:25 WIB
loading...
Garut Diguncang Gempa Bumi, Getarannya Terasa dari Ciamis hingga Cianjur
Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto/BMKG
A A A
GARUT - Wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,3. Gempa bumi tersebut, berpusat di koordinat 8.18 Lintang Selatan (LS), dan 107.36 Bujur Timur (BT), atau 122 km barat daya Kabupaten Garut, Sabtu (12/11/2022) pukul 20.18 WIB.

Baca juga: Guncangan Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 Bikin Kaget Warga Bolaang Mongondow Utara

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, gempa berada di kedalaman 10 km. Getaran gempa dirasakan III skala MMI di wilayah Garut, dan Tasikmalaya. Sedangkan di wilayah Ciamis, dan Cianjur, dirasalan II skala MMI.



Untuk III skala MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu. Sementara skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang hingga benda-benda yang digantung bergoyang. BMKG memastikan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun Twitternya.

Baca juga: Anak Petani Gagal Masuk Polwan dan Diganti Keponakan Perwira Polisi, Ini Sikap Mabes Polri

Menurut BMKG, gempa bumi juga dilaporkan mengguncang satu jam sebelumnya, yakni pukul 19.29 WIB, dengan pusat 119 km barat daya Kabupaten Garut, atau di titik koordinat 8.14 LS-107.35 BT. Gempa bumi ini berkekuatan M 4,9 dan berada di kedalaman 16 km.

Baca juga: Mencekam! Warga 2 Desa di Maluku Tenggara Bentrok, Rumah dan Sekolah Dibakar

Gempa bumi pertama tersebut, dirasakan dalam skala II MMI di wilayahbTasikmalaya, Sukabumi, Cianjur, dan Garut. Sedangkan di wilayah Kabupaten Bandung, dirasakan I-II skala MMI. Belum diketahui pasti dampak kerusakan yang diakibatkan akibat gempa yang terjadi tersebut.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2773 seconds (11.210#12.26)