Waspada! 103.000 Warga Jabar Tertular TBC, Terbesar di Indonesia

Rabu, 09 November 2022 - 16:27 WIB
loading...
Waspada! 103.000 Warga Jabar Tertular TBC, Terbesar di Indonesia
Jabar menjadi provinsi penyumbang penderita TBC terbesar di Indonesia yakni 103.000 orang penderita. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BANDUNG - Sekitar 103.000 orang warga Jawa Barat tertular penyakit tuberkulosis (TBC). Kondisi ini menjadikan Jabar sebagai provinsi penyumbang penderita TBC terbesar di Indonesia.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan lintas sektor tingkat kabupaten/kota untuk menekan penyebaran TBC dan mencegah penambahan kasus stunting di Bandung, Rabu (9/11/2022).


Dalam pertemuan yang juga menjadi rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Provinsi Jabar tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Nina Susana Dewi mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap ancaman TBC masih rendah sehingga jumlah penderitanya terus bertambah.

Nina menjelaskan, saat ini, Indonesia merupakan negara terbanyak kedua jumlah penderita TBC di dunia dan Provinsi Jabar menjadi penyumbang terbesar di mana 128.000 warganya diprediksi mengidap penyakit tersebut.

"Yang ditemukan baru 103.000," ungkap Nina.

Selain masih minimnya kesadaran masyarakat, lanjut Nina, berbagai faktor menjadi penyebab masih tingginya jumlah penderita TBC di Jabar, di antaranya proses pengobatan yang membutuhkan waktu lama, setidaknya enam bulan.



Akibatnya, kata Nina, tidak sedikit pasien yang menghentikan pengobatan meski baru berjalan beberapa bulan, bahkan pekan saja.

"Orang tak tahan terus menerus berobat setiap hari," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Nina, ada juga pasien yang merasa sudah sembuh meski baru berobat 1-2 bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)