4 Kerajaan Nusantara yang Paling Lama Berkuasa, Terakhir Sampai 15 Abad

Selasa, 08 November 2022 - 18:28 WIB
loading...
4 Kerajaan Nusantara yang Paling Lama Berkuasa, Terakhir Sampai 15 Abad
Terdapat sejumlah kerajaan nusantara yang paling lama berkuasa. Salah satunya kerajaan kutai. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kerajaan nusantara yang paling lama berkuasa. Dengan begitu, kerajaan nusantara ini menjadi yang terbesar dan melegenda di Indonesia .

Keberadaan kerajaan ini dibuktikan dengan penemuan prasasti . Dari penemuan tersebut diketahui kemunculan kerajaan ini dimulai pada abad ke 4, dimulainya era Hindu Budha di Indonesia.

Baca juga : 3 Raja Nusantara yang Memiliki Umur Panjang, dari Kerajaan Majapahit hingga Demak

Seiring perjalanan waktu kerajaan kerajaan ini mulai runtuh dan lenyap. Namun sebelum runtuh, terdapat beberapa kerajaan yang mampu bertahan cukup lama.

Berikut empat kerajaan nusantara yang paling lama berkuasa :

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan yang berdiri pada abad ke 7 ini berada di Sumatera tepatnya di Palembang, Sumatera Selatan. Didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Masa kejayaan kerajaan ini terjadi pada pemerintahan Raja Balaputradewa, tahun 856 Masehi.

Wilayah kekuasaannya sendiri mencakup Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Singapura, Kamboja, Thailand, hingga Vietnam Selatan.

Kerajaan ini terhitung berkuasa selama 4 abad karena keruntuhannya yang diperkirakan pada abad ke 11. Penyebab runtuhnya kerajaan besar ini diduga karena mendapat serangan dari Dinasti Chola lantaran pajak tinggi yang diberlakukan oleh Kerajaan Sriwijaya untuk kapal kapal pedagang.

2. Mataram Kuno
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2502 seconds (10.177#12.26)