Optimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital, Bank Sampoerna Pacu Pertumbuhan UMKM

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 23:34 WIB
loading...
Optimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital, Bank Sampoerna Pacu Pertumbuhan UMKM
Transformasi digital merupakan komponen utama bagi PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) dalan upaya mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Foto ist
A A A
JAKARTA - Transformasi digital merupakan komponen utama bagi PT Bank Sahabat Sampoerna ( Bank Sampoerna ) dalan upaya mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ).

Hingga akhir September 2022, lebih dari 250 ribu unit usaha maupun perorangan, termasuk di dalamnya hampir 80 ribu UMKM dilayani Bank Sampoerna.



Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra mengungkapkan, jumlah tersebut meningkat lebih dari 6 kali lipat, dibandingkan unit usaha dan perorangan yang dilayani pada satu tahun sebelumnya.

Menurutnya, peningkatan itu tidak lepas dari berbagai kebijakan yang dibuat regulator. Kebijakan itu berperan besar dalam mendorong perekonomian nasional dan mendukung fungsi intermediasi perbankan di tengah berbagai tantangan ekonomi nasional maupun global.

“Pinjaman yang disalurkan sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2022 mencapai lebih dari Rp6 triliun, atau meningkat hampir 60 persen dibandingkan pinjaman yang disalurkan pada periode yang sama tahun 2021," kata Henky, Jumat (28/20/2022).

Namun demikian, lanjut dia, dengan penyaluran pinjaman yang relatif rendah di tahun 2021 peningkatan outstanding loan per akhir September 2022 relatif lebih moderat atau sebesar 15,5 persen menjadi Rp9,2 triliun dibandingkan dengan angka per akhir September 2021. "Dari jumlah tersebut, sekitar 40 persen pinjaman diberikan secara langsung ke UMKM,” ujarnya.

Lanjut Henky, pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi yang terus dilakukan Bank Sampoerna juga mengantar pelaku UMKM masuk dalam ekosistem digital. Pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai kemudahan dan peluang demi meningkatkan transaksi usaha.

Penggunaan aplikasi Sampoerna Mobile Merchant, misalnya. Cukup dengan memanfaatkan aplikasi ini dan membuka rekening Sampoerna Mobile Saving secara online, pengusaha UMKM dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dari bank ataupun dompet digital mana pun.

"Semakin dimanfaatkannya teknologi digital terlihat antara lain dari naiknya nilai transaksi virtual account yang difasilitasi Bank Sampoerna. Sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2022 tercatat senilai hampir Rp60 triliun, meningkat lebih dari 40 persen dari nilai transaksi pada periode yang sama tahun 2021," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)