Kembali Guncang Blitar-Kediri, Gempa Kali Ini Tak Sekencang Sebelumnya

Selasa, 07 Juli 2020 - 08:14 WIB
loading...
Kembali Guncang Blitar-Kediri, Gempa Kali Ini Tak Sekencang Sebelumnya
Gempa kembali mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Blitar. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
BLITAR - Gempa kembali mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Blitar. Meski lebih lemah dibanding hari sebelumnya, getaran gempa pada Selasa (7/7) pagi ini juga dirasakan di sejumlah wilayah Kabupaten Tulungagung dan Kediri.

"Gempa lagi. Tapi tidak sekencang kemarin, "tutur Pradita warga Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar Selasa (7/7/2020). Getaran gempa yang dirasakan lebih halus. Guncangan yang terjadi tidak sampai membuat mereka yang merasakan, beranjak.

"Kalau yang kemarin lusa, sampai ada yang sempat lari, "tambah Pradita. Di media sosial, yakni grup WA dan facebook sejumlah informasi soal gempa yang terasa di Blitar, Tulungagung dan Kediri langsung bermunculan.

Kamim, warga Kecamatan Srengat juga mengatakan hal yang sama. "Gempa kalem, "tulisnya. Kabar getaran gempa juga disampaikan Rahmada saat berada di wilayah Banyakan, Kabupaten Kediri.

Informasi dari BMKG stasiun Kelas III Karangkates Malang, gempa yang terjadi pada pukul 05.44 Wib berpusat di 3 Km Barat Laut Jepara, Jawa Tengah. Gempa tektonik berkekuatan 6,1 SR dan dirasakan sampai wilayah Kediri, Blitar, Malang, Trenggalek dan Nganjuk tersebut, berada di kedalaman 578 Km.

Kendati demikian BMKG juga menyatakan, gempa menengah akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat dampak gempa.

Disebutkan juga, sesuai catatan BMKG Karangkates Malang, pada bulan Juni 2020 telah terjadi sebanyak 39 kali gempa dengan beragam variasi skala getaran. Sedangkan bulan Mei 2020 sebanyak 36 kali gempa.(Baca juga : Gempa Bumi Jepara Dirasakan di Yogyakarta hingga Bali )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)