Himpunan Santri Nusantara Dukung Ganjar Calon Presiden 2024, Dinilai Sosok yang Moderat

Selasa, 25 Oktober 2022 - 00:35 WIB
loading...
Himpunan Santri Nusantara Dukung Ganjar Calon Presiden 2024, Dinilai Sosok yang Moderat
Para santri Pondok Pesantren Miftahul Khoirot di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang menyatakan dukungan kepada Ganjar maju dalam Pilpres 2024. Foto SINDOnews
A A A
KARAWANG - Dukungan untuk Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat. Kali ini, giliran santri Pondok Pesantren Miftahul Khoirot di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang yang menyatakan dukungan untuk Ganjar maju dalam Pilpres 2024.



Dukungan dari ribuan santri, ustaz, kyai, habib dan tokoh agama yang tergabung dalam Himpunan Santri Nusantara (Hisnu) Jawa Barat itu dilakukan saat pelaksanaan Maulid Nabi 1444 H sekaligus memperingati Hari Santri Nasional beberapa hari lalu.

Pimpinan Ponpes Miftahul Khoirot Karawang, KH Agus Abdullah mengatakan, bangsa Indonesia saat ini membutuhkan figur pemimpin yang adil, tegas, memahami ajaran-ajaran Islam dan mendukung kemajuan pesantren di Tanah Air. Ia menyebut, sosok Ganjar Pranowo yang paling tepat untuk memimpin bangsa ini.

"Mengusung itu adalah kewajiban kita semua. Contohnya adalah wajib hukumnya mengusung calon pemimpin yang beriman, dan mempunyai cita-cita yang luhur apalagi untuk perkembangan pesantren se-Nusantara," kata Agus dalam keterangannya, Senin (24/10/2022).

Agus melanjutkan, pihaknya bersama seluruh santri Ponpes Miftahul Khoirot yang berdiri tahun 1930 itu dan juga masyarakat sekitar Ponpes siap mendukung dan menghantarkan Ganjar Pranowo hingga Pilpres 2024.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar Pranowo bisa terpilih dan memimpin bangsa Indonesia, dan juga membawa pesantren sebagai salah satu fondasi negara ini pada kemajuan yang lebih besar lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Gus Yusuf Hidayat selaku Koordinator Nasional Hisnu menjelaskan, dukungan kalangan pesantren untuk Ganjar Pranowo lantaran sosoknya yang sudah tidak asing lagi bagi banyak tokoh agama nasional. Hal itu tak lepas dari seringnya Ganjar mengunjungi pesantren untuk memberikan bantuan maupun sekedar bersilaturahmi.

Sosok Ganjar yang pandai dalam membangun komunikasi juga membuatnya diterima dengan mudah oleh semua kalangan. Kemudian, karakter Ganjar yang moderat dan selalu mendukung penuh moderasi beragama juga membuat Ganjar mejadi pilihan kalangan pesantren.

"Pak Ganjar Pranowo ini sosok yang sangat moderat ya, beliau bisa diterima oleh semua kalangan. Termasuk kalangan pesantren, Islam tradisional maupun Islam moderat. Semuanya menerima dan beliau juga bisa diterima oleh kekuatan dari luar Islam," ujar Gus Yusuf.

Gus Yusuf membeberkan, alasan yang menguatkan untuk mendukung Ganjar Presiden 2024 dikarenakan misi besar yang dibawa Ganjar terkait perkembangan pendidikan pesantren tak hanya di Jawa Tengah saja, tetapi se-Indonesia melalui program kerjanya selama ini.

Ia meyakini, jika kelak Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024, maka perkembangan pesantren akan semakin pesat dan santri juga bakal memiliki daya saing dengan pelajar lainnya yang menempuh pendidikan formal.

"Salah satu alasan Husnu juga mendukung Pak Ganjar adalah beliau punya misi besar terhadap pengembangan islam yang ada di Indonesia dan bagaimana menjaga kekuatan toleransi juga keutuhan bangsa ini," jelas Gus Yusuf.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)