Kisah 9 Babinsa yang Berhasil Mengevakuasi 43 Wisatawan dari Banjir dan Longsor

Senin, 06 Juli 2020 - 16:44 WIB
loading...
Kisah 9 Babinsa yang Berhasil Mengevakuasi 43 Wisatawan dari Banjir dan Longsor
Sembilan Babinsa dari Koramil 1417-06/Lasolo yang tergabung dalam Tim Gabungan TNI, Polri, dan Basarnas, berhasil mengevakuasi 43 wisatawan yang terjebak banjir dan tanah longsor. Foto Dispenad
A A A
KONAWE UTARA - Sembilan Babinsa dari Koramil 1417-06/Lasolo yang tergabung dalam Tim Gabungan TNI, Polri, dan Basarnas , berhasil mengevakuasi 43 wisatawan yang terjebak banjir dan tanah longsor. Sebelumnya para wisatawan itu terjebak di tempat wisata Air Terjun Lametono di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara , Sulawesi Tenggara.

“Tim gabungan yang berjumlah sekitar 60 orang ini berhasil mengevakuasi korban dengan proses yang tidak mudah,” ungkap Kapenrem 143/Halu Oleo Mayor Arm Sumarsono dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (6/7/2020).

Kapenrem menjelaskan, menurut Danramil 1417- 06/Lasolo Kapten Inf Edi Kusuma untuk mencapai di lokasi air terjun Lametono dan proses evakuasi korban membutuhkan perjuangan karena harus ditempuh dengan berjalan kaki serta melalui medan yang sulit. (Baca: Dramatis, Evakuasi 43 Wisatawan dan Pendaki Terjebak di Air Terjun Lasolo)

“Kami harus berjalan kaki sejauh dua Kilometer dan menyusuri 13 sungai untuk mencapai lokasi akibat yang ditimbulkan oleh banjir dan tanah longsor,” kata Danramil.

Untuk mempercepat proses pencarian itu, Danramil 1417-06/Lasolo membagi dua tim dengan arah yang berlawanan dan berhasil menyelamatkan serta mengevakuasi para wisatawan yang terjebak banjir dan tanah longsor tersebut.

“Satu tim di Desa Awalia, empat orang Babinsa dipimpin Serma Sabarudin, berhasil menemukan dan mengevakuasi 10 orang korban. Sedangkan tim kedua di Desa Lametono terdiri lima Babinsa dan langsung saya pimpin sendiri, berhasil menemukan dan mengevakuasi 33 orang korban,” lanjut Edi Kusuma.

“Alhamdulillah semua korban kini sudah terkumpul semua dalam keadaan selamat, dan telah kami kembalikan ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan dari tim gabungan. Terimakasih untuk semua tim dan masyarakat atas kerja sama dan tanpa mengenal lelah membantu dalam menyelamatkan korban,” pungkasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)