Gus Nabil: Indonesia Painting Contest 2022 Jadi Ruang Dialog dan Belajar Antarseniman

Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:35 WIB
loading...
Gus Nabil: Indonesia Painting Contest 2022 Jadi Ruang Dialog dan Belajar Antarseniman
Penyelenggaraan IPC 2022 di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/10/2022) menjadi ajang silaturahmi para pelukis dan seniman dari penjuru nusantara. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Penyelenggaraan Indonesian Painting Contest (IPC) 2022 yang digelar di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung , Jawa Barat, Minggu (16/10/2022) menjadi ruang silaturahmi para pelukis dan seniman dari penjuru nusantara.

Kegiatan yang diselenggarakan Nusantara Utama Gallery (NUGallery) itu mengangkat tema ā€˜Bangkit Bersamaā€™ yang dihadiri lebih dari 200 peserta yang datang dari penjuru Nusantara.

Hadir juga beberapa pelukis ternama yang bertindak sebagai juri, yakni Tisna Sanjaya, Agus Dermawan T, Nasirun dan Diyanto. Juga hadir Founder NUGallery, Gus M. Nabil Haroen.



Menurut Gus Nabil, pihaknya berkomitmen untuk terus menyelenggarakan IPC dalam rangka menguatkan kualitas seni lukis Indonesia. "Kami berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam kerja kebudayaan Indonesia. IPC ini merupakan ruang dialog, saling berkontribusi, juga menyemai pelukis-pelukis baru," bebernya, Rabu (19/10/2022).



Para pelukis ternama yang didapok sebagai juri itu memiliki pengalaman panjang. ā€œDengan keterlibatan mereka, terjadi proses dialog yang bagus antara pelukis senior dan yunior, hingga para peserta mendapatkan pengalaman berharga untuk terus berkarya pada masa mendatang. Inilah tujuan utama kami," terang Gus Nabil, yang juga aktif di bidang seni, budaya dan bela diri di Pagar Nusa, PB IPSI dan Persilat.

Koordinator penyelenggara IPC 2022 Mustofa Akbar mengungkapkan, agenda painting contest tahun ini merupakan agenda keempat. "Jadi, kami dari NUGallery sudah menyelenggarakan empat kali kegiatan. Di Jakarta, Solo, Malang dan sekarang ini di Bandung. Kami memilih lokasi-lokasi tersebut, karena sebagai pusat berkegiatan para pelukis," ungkapnya.



Mustofa menyampaikan bahwa pelaksanaan IPC juga menjadi ruang silaturahmi para pelukis dan seniman. "Setiap penyelenggaraan IPC, bisa sekitar 300 peserta. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa. Kami senang bahwa IPC menjadi ruang silaturahmi, dialog dan saling belajar antar seniman," katanya.

Pada IPC 2022 ini, beberapa nama pelukis berbakat muncul sebagai juara. Yakni, Gugum Gunawan (Juara I), Yudhis Citra Hendrianto (Juara II), dan Iwan Widodo (Juara III). Sedangkan, beberapa pelukis lain menjadi juara harapan: Wilasito, Abu Djumhur Murnasim, Tara Shakin, Budiman, Rendra Santana, Jarots Soekisno, Dhiyasro Listiyo, Andi Ramdan, Rio Angsina, dan Ahmad Soleh

NUGallery berkomitmen untuk menyelenggarakan Indonesia Painting Contest secara berkelanjutan, untuk menguatkan kualitas kebudayaan Nusantara, khususnya dalam seni lukis. NUGallery juga menyelenggarakan pameran lukisan secara rutin di beberapa lokasi.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)