Dampak Perang Rusia vs Ukraina Pasokan Pupuk Terhambat, Prabowo Sarankan Warga Bikin Koperasi Sapi

Senin, 10 Oktober 2022 - 15:23 WIB
loading...
Dampak Perang Rusia vs Ukraina Pasokan Pupuk Terhambat, Prabowo Sarankan Warga Bikin Koperasi Sapi
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengajak warga Dusun Butuh, Kabupaten Magelang mengembangkan peternakan sapi, kambing dan membuat koperasi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MAGELANG - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengajak warga Dusun Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), untuk mengembangkan peternakan sapi dan kambing, selain membangun pariwisata dan pertanian sayur-mayur. Dengan peternakan sapi dan kambing maka akan banyak manfaat yang dihasilkan.



Di antaranya kotoran ternak dapat diolah menjadi pupuk kandang. Prabowo menyatakan bahwa hal ini penting digalakkan mengingat Indonesia masih mengimpor bahan baku pupuk dari Rusia dan terancam akan defisit karena sedang terlibat perang dengan Ukraina.


"Kotorannya (hewan ternak) bisa pengganti pupuk karena mungkin tahun depan, pupuk akan sulit karena pupuk bahan bakunya dari Rusia. Kalau Rusia perang, enggak bisa dijual ke luar," katanya saat berkunjung ke Dusun Butuh, Minggu (9/10/2022).

Prabowo melanjutkan, ternak sapi dan kambing juga penting dilakukan karena susu yang dihasilkan mengandung protein yang bermanfaat bagi otak, otot, dan tulang anak-anak. "Susu juga bisa dijual ke kota," terangnya.

Menurut dia, kondisi di Dusun Butuh sangat layak untuk mengembangkan peternakan. Oleh karena itu, Prabowo menyarankan peternakan diperkuat dengan keberadaan koperasi.

"Kalau sendiri-sendiri, tiap rumah satu (hewan ternak), susah ngawasinnya. Ngumpulin. (Kalau ramai-ramai dalam koperasi) nanti dikasih cip di telinga sapinya, jadi ketahuan ini punya siapa. Kalau punya anak, nanti dikasih ke yang belum punya sampai semua warga punya sapi," tuturnya.



“Harus dikelola secara kelompok, sehingga dokter hewan bisa cek seminggu sekali supaya jangan ada penyakit," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)