Derita TKI di Malaysia, 17 Tahun Hapsari Ditahan Majikannya Tanpa Gaji

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:58 WIB
loading...
Derita TKI di Malaysia, 17 Tahun Hapsari Ditahan Majikannya Tanpa Gaji
Seorang perempuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Asal Purworejo, Jawa Tengah, ditahan oleh majikannya di Malaysia selama 17 tahun tanpa digaji. Foto/iNews TV/Joe Hartoyo
A A A
PURWOREJO - Meri Hapsari (32) harus menahan derita hingga 17 tahun lamanya. Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI), asal Dusun Krajan, Desa Jetis, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jateng, tersebut belasan tahun ditahan majikannya di Malaysia tanpa digaji.

Baca juga: Kedapatan Hendak Kirim TKI Ilegal ke Malaysia, 5 Pria di Batam Ditangkap

Selama ini Meri Hapsari bekerja di wilayah Sibu, Serawak, Malaysia. Dia bekerja sebagai asisten rumah tangga sejak tahun 2005, dan baru bisa dipulangkan pada tahun 2022. Selama bekerja dia tidak pernah digaji dan tak diizinkan pulang.



Adik kandung Meri Hapsari, Ari mengaku, telah berusaha mencari informasi keberadaan Meri Hapsari. Upaya pencarian itu akhirnya membuahkan hasil, dan meminta bantuan KJRI Kuching untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Baca juga: Cerita Pilu Banjir Ciamis, Penjual Gorengan Hilang Terseret Arus

KJRI Kuching juga berkoordinasi dengan kepolisian Malaysia, yang akhirnya memanggil majikan Meri Hapsari. Setelah pemanggilan tersebut, Meri Hapsari akhirnya berhasil dibebaskan dan dipulangkan ke Indonesia.

Meri Hapsari tiba di kampung halamannya pada Kamis (6/10/2022). Sebelumnya ia dijemput di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Kelik Susilo Ardani, dan Frans Suharmaji, lalu menyerahkan kepada pihak keluarga.

Sejak awal, Meri Hapsari mengaku sudah punya niatan untuk bekerja hanya selama dua tahun. Namun oleh majikannya ia selalu ditahan, dan tidak boleh pulang dengan alasan tak jelas. Bahkan paspornya juga ditahan, agar ia tidak kabur.

Derita TKI di Malaysia, 17 Tahun Hapsari Ditahan Majikannya Tanpa Gaji
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3706 seconds (11.210#12.26)