Kisah Rahmat Santoso, Penjual Molen Rp500 Sukses Bangun 2 Rumah hingga Buka Lapangan Kerja

Senin, 03 Oktober 2022 - 21:40 WIB
loading...
Kisah Rahmat Santoso, Penjual Molen Rp500 Sukses Bangun 2 Rumah hingga Buka Lapangan Kerja
Inilah Rahmat Santoso, penjual molen Rp500 yang sukses bangun 2 rumah, menyekolahkan anak hingga buka lapangan kerja. Foto: MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Rahmat Santoso (49), warga Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara berhasil membangun dua rumah dan membuka lapangan kerja dari usahanya menjual pisang molen mini seharga Rp500.

Sebelum menggeluti usaha molen, pria asal Sragen itu bekerja sebagai pegawai honorer di salah satu kementerian. Tahunan bekerja, Rahmat memutuskan berhenti untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik.

“Dulu saya menjadi pegawai honorer, kemudian saya putuskan untuk berhenti,” katanya saat ditemui satu di antara tenantnya di Alfamart Ir Soekarno Airmadidi, Senin (3/10/2022).



Berhenti menjadi pegawai honorer, dia kemudian banting setir menjadi kontraktor rumah. Ini dilakukan untuk melanjutkan kehidupan, memberi nafkah kepada keluarga, yang merupakan tanggung jawabnya. Pada saat itu, kebetulan rumah yang akan dibangunnya berada di Manado.



Pada saat itu, dia amati sekitar Universitas Klabat (Unklab) Airmadidi, begitu ramai cocok untuk membuka usaha. Dia kemudian belajar kepada satu di antara saudaranya yang berada di Bitung yang telah terlebih dahulu membuka usaha, yaitu jualan molen mini Rp500.

Selama dua bulan dia belajar membuat adonan, sehingga menjadi kue molen yang lezat untuk dinikmati. Saat dirasa sudah mampu membuat adonan, dia kemudian membuka usaha sendiri, di depan Unklab, Airmadidi. “Awalnya menggunakan gerobak, di depan Unklab. Pada 2016 lalu,” ujarnya.



Dia merasa bersyukur, karena pada awal membuka usaha, sambutan dari masyarakat cukup bagus. Molen mini yang dijualnya Rp500 selalu habis terjual. Pundi-pundi rupiah pun didapatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)