Partai Perindo Minta Selidiki Kerusuhan Kanjuruhan, Mahyudin: Ini Tragedi Sepak Bola Indonesia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:57 WIB
loading...
Partai Perindo Minta Selidiki  Kerusuhan Kanjuruhan, Mahyudin: Ini Tragedi Sepak Bola Indonesia
Tampak suporter yang menjadi korban kerusuhan pada tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam. (Ist)
A A A
MALANG - Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Mahyudin menyampaikan duka cita mendalam atas tewasnya ratusan orang pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan , Malang, Sabtu (1/10/2022).

"Kami keluarga besar Partai Perindo mengucapkan duka cita mendalam atas terjadinya tragedi yang menelan korban jiwa pascapertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang," katanya, Minggu (2/10/2022).

Mahyudin menyesalkan terjadinya kericuhan yang menimbulkan korban ratusan jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Menurutnya, kejadian tersebut merupakan tragedi terbesar dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Bahkan, menjadi terbesar kedua dalam jumlah suporter yang tewas setelah tragedi Estadio Nacional, Lima, Peru tahun 1964 yang menewaskan 328 orang.

"Kita sangat menyesalkan terjadinya kericuhan, yang menimbulkan jumlah korban tewas dengan rekor terbesar kedua di dunia," tegasnya.

Mahyudin berharap kejadian ini tak lagi terulang. "Kita harap ini yang terakhir, karena tidak ada pertandingan sepak bola sebanding dengan nyawa manusia," katanya.

Mahyudin meminta pihak Menpora, Polri, PSSI dan pihak-pihak terkait lainnya untuk duduk bersama, melakukan penyidikan atas kejadian ini.

Ia juga meminta dilakukan evaluasi menyuruh terhadap sistem pengamanan yang dilakukan dalam pertandingan Liga 1 selama ini, terutama dalam pertandingan yang banyak menyedot animo masyarakat.

"Harus segera dilakukan penyidikan siapa yang bertanggungjawab atas kejadian ini. Evaluasi terkait pengamanan dan persyaratanizin dalam pertandingan," katanya.

Baca: Mencekam dan Mengerikan, Ini Cerita Suporter yang Selamat dari Tragedi Kanjuruhan.

Seperti diketahui, laga Arema vs Persebaya berlangsung ricuh dan menwaskan ratusan orang di Stadion Kanjuruhan, Malang, dalam pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Hal itu bermula saat Arema dipastikan tumbang 2-3 dari tim berjuluk Bajul Ijo tersebut. Kericuhan dimulai ketika para Aremania turun ke lapangan begitu peluit panjang dibunyikan sekitar pukul 22.00 WIB, Sabtu (1/10/2022). Mereka kecewa setelah tim kesayangan mereka kalah dari sang rival bebuyutan, Persebaya.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, dalam konferensi pers di Malang, Minggu (2/10/2022) mengungkapkan total korban jiwa dalam peristiwa mematikan tersebut mencapai ratusan orang, di antaranya anggota Polri.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)