Tutup Rakornas KAMMI, TGB Zainul Majdi Ingatkan Peran Juru Bicara Islam yang Baik

Minggu, 02 Oktober 2022 - 12:20 WIB
loading...
Tutup Rakornas KAMMI, TGB Zainul Majdi Ingatkan Peran Juru Bicara Islam yang Baik
Tokoh muslim Indonesia TGB HM Zainul Majdi menutup rapat koordinasi nasional (rakornas) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia. (Ist)
A A A
JAKARTA - Tokoh muslim Indonesia TGB HM Zainul Majdi menutup rapat koordinasi nasional (rakornas) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Pada kesempatan tersebut ia mengingatkan agar Kammi menjadi juru bicara Islam yang baik.

“Sebagai juru bicara Islam yang tepat. Jangan sampai di dalam (Islam) pun resah kepada kita,” katanya, Sabtu (1/9).

TGB menyebut, di nama Kammi terdapat kredensial (hubungan) yang membawa nama muslim. “Maka hati-hatilah. Harus tercermin dalam dalam ranah muamalah,” bebernya.

Doktor Ahli Tafsir Alquran ini membahas, beberapa kalangan kerap kali habis energi membahas sesuatu yang tak pada tempatnya. Ketika tak dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya, akan terjadi kerancuan. Misalnya, ruang akidah dan ritual ibadah itu eksklusif. “Tak boleh ada kreativitas di dalamnya,” ucapnya.

Yang ketiga, sambungnya, adalah ranah muamalah. Prinsip di dalamnya ada inovasi. Muamalah menyangkut di dalamnya ada ranah politik, ekonomi, sosial, dan budaya. “Islam tak menetapkan (khusus) mengenai politik dan ekonomi penjabaran ada di kita,” urainya.

Hanya saja, ucap TGB, seringkali antara ranah akidah dan muamalah dicampuradukkan. Akhirnya, saat terjadi kontestasi politik gampang menyebut munafik untuk orang yang berbeda pandangan. “Hal tersebut mendzolimi Islam sendiri,” tegasnya.

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia ini menambahkan, akidah dalam muamalah harus dilihat secara proporsional. Jangan sampai, manusia tak dapat melihat keindahan perbedaan. “Karena melekatkan label (label) sehingga potensi kebaikan hilang,” imbuhnya.

Baca: TGB Zainul Majdi: Semesta Mendukung, Banyak Tokoh Gabung Partai Perindo.

Sebelumnya Ketua Umum PP Kammi Zaky Ahmad Rifai'i mengatakan, hadir dalam rakornas perwakilan Kammi dari seluruh Indonesia. Rakornas bertajuk modernisasi organisasi. “Rakornas ini untuk pembinaan internal, menguatkan secara internal sehingga,” katanya.

Dari pertemuan yang menumbuhkan nuansa persaudaraan ini diharapkan dapat secara eksternal dimaksimalkan. Dari rakornas ini ketika pulang ke daerah ada yang dapat dibawa. “Bulan perekrutan mari mulai mencari anggota. Berkomunikasi dengan media, konsolidasi dan memiliki ide yang baru,” sambungnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1963 seconds (11.97#12.26)