Kasus Ledakan Pipa Pertamina, Polisi Tangkap Dua Tersangka

Selasa, 09 September 2014 - 13:30 WIB
Kasus Ledakan Pipa Pertamina, Polisi Tangkap Dua Tersangka
Kasus Ledakan Pipa Pertamina, Polisi Tangkap Dua Tersangka
A A A
BANDUNG - Penyelidikan kasus ledakan pipa Pertamina di Subang, Jawa Barat, memasuki babak baru. Tim gabungan dari Mabes Polri, Polda Jabar, dan Polres Subang, berhasil mengungkap dan menangkap pelaku yang menyebabkan pipa Pertamina di Dusun Batanggede, Desa Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, meledak pada Kamis 28 Agustus 2014.

Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan, dalam kasus ini pihaknya berhasil menangkap dua dari tujuh tersangka yang terindikasi sebagai penyebab pipa Pertamina meledak.

"Setelah tim gabungan ‎melakukan penyelidikan, dalam satu minggu kita bisa menangkap WS (41) dan SL (37) di Banten. Sedangkan lima tersangka lain, SW, WT, KN, EK, dan AC kita tetapkan sebagai DPO," jelas Iriawan dalam konferensi pers yang digelar di Mapolda Jabar, Selasa (9/9/2014).

Iriawan mengungkapkan, dalam kasus ini WS dan SL berperan sebagai orang suruhan ‎dari EK dan AC. "Dia itu orang lapangan bagian menggali dan menyambung pipa Pertamina untuk dicuri," terangnya.

Lebih lanjut Iriawan mengungkapkan, penangkapan WS dan SL bermula dari penelusuran tim yang berhasil menemukan sebuah warung yang disewa oleh para pelaku. Namun setelah ditelusuri ternyata warung tersebut digunakan oleh pelaku untuk mencuri BBM dari pipa Pertamina yang berasal dari Balongan ke Plumpang.

Dari indikasi tersebut, pihaknya langsung melakukan pengembangan dan berhasil menemukan sebuah kontrakan yang diduga disewa oleh ketujuh pelaku. Hingga akhirnya tim mendapat petunjuk mengenai keberadaan para pelaku.

"Kita kejar dan dapatkan dua pelaku WS dan SL‎. Saat akan ditangkap di Banten, keduanya mencoba lari. Kita beri tembakan peringatan namun tidak dihiraukan, hingga akhirnya terpaksa kita lumpuhkan keduanya," ujarnya.

Saat ini tim gabungan masih melakukan pendalaman dan pengejaran terhadap lima pelaku lain yang kini sudah dikantongi identitasnya‎. Kini, WS dan SL ditahan di Rutan Mapolda Jabar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4569 seconds (0.1#10.140)