Panglima Pemekaran Pangandaran Paparkan Peran Jeje Wiradinata Dorong Pemekaran

Jum'at, 03 Juli 2020 - 19:18 WIB
loading...
Panglima Pemekaran Pangandaran Paparkan Peran Jeje Wiradinata Dorong Pemekaran
Panglima Pemekaran Pangandaran Paparkan Peran Jeje Wiradinata Dorong Pemekaran
A A A
PANGANDARAN - Panglima Pemekaran Kabupaten Pangandaran Eka Santosa mengatakan, pemekaran 10 Kecamatan yang saat ini menjadi Kabupaten Pangandaran tidak lepas dari peran sosok Jeje Wiradinata.

Ketika ditemui SINDOnews.com di Hotel Horison Palma Pangandaran Jum'at, (3/7/2020) Eka Santosa menjelaskan, saat deklarasi Pemekaran Pangandaran, Jeje Wiradinata menjabat sebagai Ketua DPRD Ciamis.

"Waktu itu saya menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pilihan Ciamis, Banjar, Kuningan," kata Eka.

Eka menambahkan, karena waktu itu dirinya ditugaskan di Komisi II DPR RI, maka menjadi wilayah kerja dalam menangani usulan pemekaran wilayah.

"Karena Pak Jeje waktu itu Ketua DPRD Ciamis, maka langkah dukungan dilakukan dengan sangat hati-hati," tambah Eka.

Begitupun saat deklarasi yang dipelopori oleh Presidium di lapang Merdeka Pangandaran, Eka Santosa menjelaskan bahwa Jeje Wiradinata menghadiri acara hanya tidak masuk ke arena deklarasi.

"Setelah selesai acara deklarasi Presidium, saya bertemu bertatap muka bahkan berbincang cukup lama dengan Pak Jeje," terang Eka.

Perbincangan antara Eka Santosa sebagai Komisi II DPR RI dengan Jeje Wiradinata selaku Ketua DPRD Ciamis yakni merumuskan langkah strategis yang harus dilakukan agar pemekaran Pangandaran terealisasi.

"Bukti nyata Pak Jeje berperan dalam proses pemekaran Pangandaran salah satunya menandatangani rekomendasi yang menjadi syarat usulan administrasi," papar Eka.

Eka Santosa juga menerangkan, Jeje Wiradinata juga pernah membentuk Tim Percepatan Pemekaran Pangandaran yang digagas oleh anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari wilayah Selatan waktu itu.

Perlu diketahui, Undang Undang DOB Pangandaran merupakan hak inisiatif DPR RI dan sudah masuk pada agenda pembahasan.

Usulan hak inisiatif DPR RI waktu itu perlu ada dukungan tanda tangan 13 anggota DPR RI.

Sedangkan waktu itu anggota DPR RI dari daerah pilihan Ciamis, Banjar, Kuningan hanya ada 7 orang.

Eka menambahkan, untuk memenuhi syarat dukungan tanda tangan anggota DPR RI dirinya melakukan berbagai upaya loby politik, upaya tersebut juga dilakukan oleh Jeje Wiradinata melalui jalur Partai.

Upaya Eka Santosa dan Jeje Wiradinata rupanya membuahkan hasil dengan menggalang dukungan penandatanganan dari anggota DPR RI 6 orang dari luar daerah pilihan Ciamis, Banjar, Kuningan.

"Jadi kalau masih ada yang bertanya apakah Pak Jeje memiliki peran dalam memekarkan Pangandaran, jawabannya adalah sangat memiliki banyak peran," tutur Eka.

Namun peran dan langkah yang dilakukan oleh Jeje Wiradinata dalam mensukseskan pemekaran dengan cara yang strategis.

"Saya harap pernyataan ini menjadi jawaban atas pertanyaan masyarakat yang belum mengetahui peran Pak Jeje dalam mendorong pemekaran Pangandaran," tegasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)