Atasi Dampak Kenaikan BBM, Pemkab Maros Gelontorkan Rp6 Miliar

Selasa, 20 September 2022 - 13:54 WIB
loading...
Atasi Dampak Kenaikan BBM, Pemkab Maros Gelontorkan Rp6 Miliar
Pemkab Maros mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk bantuan sosial. Hal itu dilakukan untuk mengatasi dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Foto/Ilustrasi
A A A
MAROS - Pemkab Maros mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk bantuan sosial (Bansos) . Hal itu dilakukan untuk mengatasi dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).



"Kita menggelentorkan anggaran sekitar Rp5-6 miliar untuk alokasi kegiatan bantalan sosial atau dua persen dari DAU sesuai aturan yang diberlakukan pemerintah pusat,” katanya, Selasa (20/9/2022).

Chaidir menyebut, peraturan yang mewajibkan pemanfaatan anggaran Pemda untuk bansos ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi.

Mantan Ketua DPRD Maros itu menyebut total anggaran tersebut akan dialokasikan ke berbagai program.

“Bansos ini untuk juga akan diberikan untuk sektor pertanian seperti membagikan pupuk, untuk petambak kita juga, termasuk para sopir yang terdampak,” jelasnya.



Selain kegiatan bqntuan sosial pihaknya juga akan menyiapakan beberapa program. Dipersoalan pendidikan kita akan menyiapkkan seragam sekolah, dan ada beberapa juga bantuan untuk UMKM,” bebernya.

Dia menambahkan, pengumpulan dan verifikasi data masih dilakukan. "Agar bantalan sosial ini bisa tepat sasaran, dan teknis penyalurannya juga sedang digodok,” tutupnya.
(mhj)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6185 seconds (0.1#10.140)