AKP Paulus, Bertugas di Luar Negeri Menambah Cinta NKRI

Jum'at, 03 Juli 2020 - 15:02 WIB
loading...
AKP Paulus, Bertugas di Luar Negeri Menambah Cinta NKRI
Kasat Reskrim Polres Tapsel Paulus RGP Sik, ketika bertugas di Sudan. Foto/Ist
A A A
TAPANULI SELATAN - Pada usianya yang masih terbilang muda, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Paulus RGP Sik, sudah diamanahkan untuk menjadi Kasat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel).

Jumat (3/7/2020), SINDONews mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan pria lulusan Akpol tahun 2012. Meski menjabat sebagai Kasat Reskrim, senyum ramahnya langsung terlihat ketika memulai pembicaraan. Dilahirkan di Serang, Provinsi Banten, pada tahun 1990. (Baca juga: Satgas Misi Perdamaian PBB, Kapolri: Semua Akan Saya Reward )

Setelah beberapa menit berada di ruangannya, anak ketiga dari empat bersaudara itupun bercerita bahwa dia pernah bertugas di Kota El-Fasher, Provinsi Darfur, Sudan.

Menurut dia, selama bertugas di negara yang terletak di Benua Afrika tersebut membuatnya semakin mencintai tanah air, Indonesia. Tak heran, kepada SINDONews, dia langsung menceritakan pengalamannya.

Perasaan bangga dirasakan karena menjadi salah seorang yang terpilih untuk mengembang tugas kenegaraan. Berpisah dengan orang-orang yang disayangi sudah menjadi komitmen saat menerima tugas tersebut. Saat pertama sampai di negara yang dituju, lulusan STIK-PTIK angkatan 60 itu harus membiasakan diri dengan hal-hal yang baru, di antaranya makanan dan suhu udara.

“Di sana cuacanya berbeda dengan Indonesia, ditambah lagi makanan juga cukup asing. Namun, harus dibiasakan karena kami sedang mengemban tugas negara,” kata dia kepada SINDONews.

Setiap hari dia bergaul dengan masyarakat setempat yang tidak dia kenal. Hidup di negara yang berbeda dia ingin menambah persaudaraan. Dia tidak pernah melalaikan tugas yang diberikan kepadanya. Tak hanya itu, kehadiran dia harus menjadi rasa aman bagi masyarakat setempat. “Ora er labora (bekerja dan berdoa),” kata dia.

Sekadar mengingatkan, beberapa hari yang lalu, Kapolres Tapsel AKBP Roman S Elhaj SH SIK MH didampingi Danyon C Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega SH, menggelar upacara kenaikan pangkat.

Dari 21 Personel Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat, Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Paulus Robert Gorby Pembina, SIK menjadi salah satunya yang sebelumnya berpangkat Iptu kin menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Kepada SINDONews, Paulus mengungkapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena mendapatkan hikmah kenaikan pangkat yang diterimanya ini. Selanjutnya, dia meminta dukungan semua pihak agar dapat mengemban tugasnya lebih baik.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3816 seconds (0.1#10.140)