Pemprov Jatim Dapat Bantuan 100.000 Tablet Avigan dari Pertamedika IHC

Jum'at, 03 Juli 2020 - 14:51 WIB
loading...
Pemprov Jatim Dapat Bantuan 100.000 Tablet Avigan dari Pertamedika IHC
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara simbolis menerima bantuan avigan dari Pertamedika IHC di Gedung Negara Grahadi. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim), mendapat bantuan obat anti virus corona dari Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Obat favipiravir atau avigan ini, diberikan kepada Pemprov Jatim sebanyak 100.000 tablet. Obat ini dinilai terbukti secara klinis membantu penyembuhan pasien COVID-19. (Baca juga: Lawan Corona, Pemerintah Siapkan 5 Juta Avigan dan Chloroquine )

Koordinator Penelitian di Rumah Sakit IHC, dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, mengatakan, obat ini mempunyai efektifitas dan efisiensi yang sangat baik untuk pasien pasien COVID-19.

Secara teknis penggunaan, kata dia, satu pasien memerlukan 52 tablet untuk 1 kali treatment. Sehingga, dengan bantuan 100.000 tablet, diharapkan dapat digunakan untuk sekitar 2.000 pasien. “Obatnya sudah banyak menolong banyak orang. Di Jepang, obat ini adalah obat yang biasa digunakan seharusnya flu,” kata dia di Gedung Negara Grahadi, Jumat (3/7/2020).

Saat ini, obat masih diproduksi di Jepang, dan hanya tersisa 900.000 tablet. Dari jumlah itu, Indonesia berhasil mendapatkan 500.000 tablet. Sebanyak 100.000, di antaranya dikirim ke Jatim.

“Obat ini adalah obat yang bekerja aktif sebagai antivirus. Satu-satunya obat aktif yang kami punya sebagai anti virus sekarang yang diberikan secara oral,” kata dr Dante.

Dia mengatakan, hasil analisis saat penggunaan obat tersebut menunjukkan hasil positif. Antara lain adalah konversi foto rontgen dan CT Scan yang membaik setelah tujuh hari pengobatan sekitar 67%. “Obat ini bisa digunakan pada daerah-daerah yang membutuhkan, seperti Jawa Timur. Obat ini akan sangat efektif sekali membantu penyembuhan pada pasien di daerah pandemik,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerima bantuan ini dengan senang hati. Orang nomor satu di Jatim itu berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian. “Kami akan memberikan layanan terbaik meningkatkan kesembuhan menurunkan kematian COVID-19,” kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)