UNS Realisasikan Hari Bebas Emisi di Kampus

Jum'at, 03 Juli 2020 - 14:19 WIB
loading...
UNS Realisasikan Hari Bebas Emisi di Kampus
UNS Realisasikan Hari Bebas Emisi di Kampus. Foto/SINDOnews/Ary WW
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah mulai merealisasikan penyelenggaraan hari bebas emisi di lingkungan kampus setempat.

Peresmian ditandai oleh Rektor UNS Profesor Jamal Wiwoho dengan kegiatan bersepeda bersama dari rumah dinas dan berakhir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Secara rutin Hari Bebas Emisi UNS akan dilaksanakan satu hari dalam satu bulan. Yakni setiap hari Jumat pada minggu pertama.

Pada hari itu, mewajibkan seluruh aktivitas mobilisasi di kampus menggunakan alat transportasi bebas emisi, berjalan kaki atau menggunakan alat transportasi publik yang telah disediakan kampus.

“Rencana ini (hari bebas emisi UNS) berawal dari peringatan Hari Lingkungan Hidup bulan lalu,” kata Rektor UNS Profesor Jamal Wiwoho, Jumat (3/7/2020).

Kegiatan dinilai positif dan berdasarkan diskusi yang dilakukan jajaran pimpinan universitas, fakultas dan direktur Sekolah Vokasi (SV), sepakat menjadikan kegiatan sehari tanpa emisi ini dilakukan pada Jumat pertama setiap bulan.

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah area parkir. “Untuk hari-hari ini belum masalah. Tapi nanti jika sudah aktif, tentu kami mencoba untuk meningkatkan frekuensi angkutan yang bisa dipergunakan,” tuturnya.

Hari Bebas Emisi UNS dilaksanakan mulai pukul 06.00-17.30 WIB. Bagi sivitas akademika UNS yang terpaksa menggunakan kendaraan pribadi bukan bebas emisi, dapat parkir di tempat yang telah disediakan.

Terdapat tiga lokasi yaitu halaman gedung LPPM, halaman gedung BAPSI dan Gedung SPMB serta wilayah seputar Stadion.

Pada kondisi darurat, seperti penanganan kecelakaan, orang sakit, dan kebakaran, pelaksanaan tersebut tidak berlaku. (Baca juga: Pimpin Wisuda 293 Taruna Akpol, Ini 5 Hal Penting Penekanan Kapolri)

Khusus bagi sivitas akademika UNS yang akan melaksanakan pekerjaan (penyedia jasa) bertepatan pada hari Jumat pertama di bulan tersebut, diperbolehkan menggunakan alat transportasi setelah mendapat izin dari UNS.

Secara periodik kegiatan akan ditinjau dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)