Banjir Bandang Terjang Pameungpeuk Garut, Ratusan Rumah Warga Terendam

Jum'at, 23 September 2022 - 10:32 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Pameungpeuk Garut, Ratusan Rumah Warga Terendam
Sejumlah warga di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, dievakuasi dalam peristiwa banjir bandang, Jumat (22/9/2022) malam. Bencana yang disebabkan oleh luapan Sungai Cipaleubuh dan Cikaso itu terjadi sekira pukul 23.30 WIB. Foto SINDOnews
A A A
GARUT - Banjir bandang menerjang Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Kamis (22/09/2022) malam sekira pukul 23.30 WIB. Ratusan rumah warga terendam banjir yang disebabkan oleh luapan Sungai Cipalebuh dan Cikaso tersebut.



Camat Pameungpeuk Tatang Suryana mengatakan, ratusan kepala keluarga (KK) terdampak di delapan desa. "Bencana banjir bandang tadi malam membuat puluhan warga mengungsi ke lokasi aman. Ratusan orang terdampak," kata Tatang dalam laporannya, Jumat (23/9/2022).

Delapan desa terdampak ini diantaranya adalah Desa Sirnabakti, Desa Pameungpeuk, Desa Paas, Desa Mandalakasih, Desa Jatimulya, Desa Mancagahar, Desa Bojong dan Desa Bojong Kidul. Di Desa Sirnabakti, warga terdampak berasal dari Kampung Leuwigenteng sebanyak 80 rumah yang dihuni 93 KK atau 289 jiwa, dan Kampung Sirnagalih sekira 120 rumah yang ditempati 167 KK atau 354 jiwa. "Di Desa Pameungpeuk yang mengungsi sekitar 90 orang dan terdampak sekitar 300 orang," ujarnya.

Sementara di Desa Paas, banjir melanda dua Kampung dengan perincian total di Kampung Cigodeg 185 jiwa dan Kampung Segleng sebanyak 985 jiwa. Sedangkan dampak dari lima desa sisanya, hingga kini masih didata pihak terkait di wilayah tersebut.

Kapolsek Pameungpeuk Iptu Dindin Maoludin mengungkapkan kondisi, di Desa Mandalakasih tadi malam diterjang banjir dengan ketinggian sekira satu meter. Banjir di lokasi itu, lanjut Iptu Dindin Maoludin, disebabkan oleh luapan Sungai Cipaleulbuh.
"Banyak warga yang sudah dievakuasi," kata Kapolsek Pameungpeuk.

Saat bencana berlangsung, warga diungsikan ke Aula Kecamatan Pameungpeuk dan beberapa lokasi aman yang tak terjangkau banjir. Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Garut menjelaskan banjir bandang tadi malam juga terjadi di wilayah Kecamatan Cibalong.

"Sungai yang meluap itu kan muaranya dari Cibalong, tapi tidak berdampak signifikan. Hanya memang ada beberapa rumah yang terdampak, ini assesmentnya masih dilakukan," kata Satriabudi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)