Sport Tourism Hantarkan Gubernur Sumsel Boyong Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 08:45 WIB
loading...
Sport Tourism Hantarkan Gubernur Sumsel Boyong Penghargaan KDI 2022
Gubernur Herman berhasil menyabet Penghargaan KDI 2022 Kategori Pariwisata dengan inovasi Sport Tourism, yang diterima langsung Aufa Syahrizal Sarkomi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel
A A A
SEMARANG - Sumatera Selatan beruntung memiliki Gubernur Herman Deru yang menjadikan Sumsel sebagai pusat olahraga pariwisata. Banyak kegiatan olahraga skala nasional dan internasional digelar di sana.

Atas prestasinya tersebut, Gubernur Herman berhasil menyabet Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pariwisata dengan inovasi Sport Tourism, yang diterima langsung H. Aufa Syahrizal Sarkomi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Kamis malam (22/9/2022) di Sam Poo Kong, Semarang.

Aufa mengatakan, penghargaan ini tidak terlepas dari hasil kerja keras semua pihak dalam menjalankan inovasi Sport Tourism. "Atas nama Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru, mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia dan Koran Sindo, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022. Kami peraih apresiasi kategori Pariwisata, dan tentunya inovasi yang sudah kami lakukan adalah kegiatan menggabungkan antara Sport dan Tourism. Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang yang sudah menjadi tuan rumah ajang penghargaan ajang KDI," jelasnya kepada Koran Sindo.

Sport Tourism Meningkatkan Pariwisata
Dalam kesempatan terpisah, Gubernur Herman mengatakan, wisata alam di Sumsel perlu digandeng dengan kegiatan olahraga. Sport Tourism merupakan upaya untuk meningkatkan pariwisata di Sumsel yang dikemas dengan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas). Festival ini menjadi pesta olahraga masyarakat Indonesia ke-6, yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (Kormi).

"Melalui festival ini diharapkan masyarakat kian gemar berolahraga, sehingga terwujud masyarakat yang sehat, bugar, gembira, dan produktif. Sekaligus atraksi Sport Tourism yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancangera," ucap Gubernur Herman Deru.
Sport Tourism Hantarkan Gubernur Sumsel Boyong Penghargaan KDI 2022

Sport Tourism dapat menarik minat wisatawan domestik maupun mancangera untuk berkunjung ke Sumsel. dok. Pemprov Sumsel

Fornas ini diikuti 55 Induk Organisasi Olahraga (Inorga) se-Indonesia yang memperebutkan puluhan cabang olahraga. Fornas yang digelar meriah ini sukses meraih rekor MURI sebagai penyelenggara Fornas dengan pegiat terbanyak.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan selamat kepada Gubernur Sumsel beserta para kepala daerah lain yang menerima penghargaan KDI 2022.

"Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Karena itulah diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memanfaatkan seluruh sumber dayanya untuk menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan daerah, maupun melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan terobosan dan inovasi," jelasnya.

Sementara itu Menteri Abdul Halim Iskandar menyatakan Anugerah Inovatif yang diberikan MNC Portal Indonesia pada kepala daerah ini, menjadi bagian penting dalam kerangka Good Governance.

“Kehadiran Government dalam tata kelola pemerintahan untuk memastikan, kerja-kerja pemerintah sesuai dengan kebutuhan warga negara. Bukan hanya sesuai, tapi juga memberikan kepastian, dan yang terpenting juga memudahkan, sesuai dengan prinsip efektif dan efisien,“ katanya.

Ia juga menyatakan perkembangan zaman yang sangat cepat, mau tidak mau harus dihadapi dengan kreatif, khususnya oleh para kepala daerah. “Inovasi sejatinya adalah reaksi kita terhadap berbagai perubahan dan tuntutan zaman yang semakin cepat berubah. Perlu inovasi dalam berbagai kebijakan, program, kegiatan bahkan strategi yang dijalankan pemerintah. Dan itu sudah menjadi keharusan, tanpa inovasi, kita akan semakin jauh ditinggalkan zaman,“ tegasnya.

“Semoga inovasi para kepala daerah ini mencatatkan kontribusi besar bagi tapak jalan kemandirian desa, menjadi langkah akseleratif pencapaian 18 tujuan SDGs Desa bagi 74.961 desa seluruh Indonesia,“ tegasnya.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif merupakan signature program yang menjadi komitmen MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. Malam puncak KDI 2022 disiarkan secara live streaming di enam portal MPI yaitu Okezone, Sindonews, iNews.id, IDX Channel, Celebrities.id, dan Sportstars.id.

KDI 2022 yang mengusung tema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0, ini dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Kepala Daerah Inovatif merupakan ajang penghargaan sekaligus apresiasi yang diberikan kepada para kepala daerah berprestasi baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Pada ajang KDI 2022 terdapat lima kategori penghargaan, yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan.

Kepala Daerah Inovatif digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kedua, di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015. Sedangkan pada 2016 dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat lalu tahun berikutnya yakni 2017 dilangsungkan di Jakarta.

Pada 2018, KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian, pada 2019 di Padang, Sumatera Barat, sedangkan pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi. Pada 2022 ini KDI digelar Semarang, Jawa Tengah.
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2046 seconds (11.210#12.26)