Kembangkan Potensi EBT, Ratusan Santri-Ulama Dukung Ganjar Presiden 2024

Selasa, 20 September 2022 - 17:37 WIB
loading...
Kembangkan Potensi EBT, Ratusan Santri-Ulama Dukung Ganjar Presiden 2024
Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Tengah menggelar Festival Sholawat dan Doa Bersama untuk Negeri yang diikuti 600 santri dan ulama di Yayasan Panti Asuhan Berkah, Jekan Raya, Selasa (20/9/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PALANGKA RAYA - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Tengah menggelar Festival Sholawat dan Doa Bersama untuk Negeri. Acara digelar bersama 600 santri dan ulama di Yayasan Panti Asuhan Berkah, Jekan Raya, Palangka Raya , Kalimantan Tengah, Selasa (20/9/2022).

Tujuan acara ini menemukan figur pemimpin yang bisa memenuhi tuntutan zaman demi kemajuan bangsa. Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Kalimantan Tengah, Muhammad Rizali mengatakan, Indonesia memerlukan pemimpin ideal yang memiliki sikap jujur, egaliter, adil, berwibawa, nasionalis, religius, serta memanfaatkan potensi energi baru terbarukan (EBT).

Menurut para santri, seluruh kriteria tersebut ada dalam diri Ganjar Pranowo . Bahkan, dalam acara G20 side event dan Energy Transition Working Group (ETWG) Meeting di Bali beberapa waktu lalu, Jateng menjadi percontohan keberhasilan pengembangan energi baru terbarukan nasional.

"Yang kita ketahui ya Pak Ganjar terus berkomitmen untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT), contohnya seperti PLTS Atap," kata Rizali. Baca juga: Kendalikan Inflasi, Ganjar Dorong Konsumsi Beras Lokal Unggulan Asli Klaten

Inovasi dan perluasan sumber energi terbarukan merupakan kunci untuk mempertahankan tingkat energi yang berkelanjutan dan melindungi Bumi dari perubahan iklim. Sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan pemanfaatan PLTS Atap, Ganjar mengeluarkan Surat Edaran Gubernur tentang implementasi pembangunan PLTS.

Dalam prosesnya, Pemprov Jateng telah bekerja sama dengan IESR, AESI, dan Kementerian ESDM dengan hasil perkembangan menggembirakan. Pada 2019, PLTS Atap di Jateng telah terpasang sebesar 0,15 MWp dan 2021 sudah meningkat menjadi 12,1 MWp di gedung-gedung pemerintahan, industri, hingga ke ponpes.

Di lingkungan ponpes, bantuan sarpras PLTS atap untuk membantu menekan biaya penggunaan listrik. Sejumlah ponpes yang telah dipasangi PLTS Atap selama pemerintahan Ganjar antara lain Pondok Pesantren Al-Huda Wonogiri, Pondok Pesantren Al Anwar Rembang, Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin Banjarnegara, dan lain-lain.

"Harapan kita nanti ke depan jika Pak Ganjar menjadi Presiden, semoga PLTS Atap ini bisa dikembangkan di pesantren-pesantren seluruh Indonesia. Khususnya di Kalimantan untuk menekan biaya pengeluaran listrik di pesantren," tegasnya.

Rizali berkomitmen akan terus menyosialisasikan dan menjaring suara-suara santri dan ulama yang mendukung Ganjar Pranowo menahkodai Indonesia periode 2024-2029. "Semoga beliau juga terus berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan nasional khususnya para santri-santri di pesantren," tuturnya.

Di lokasi yang sama, Penanggung Jawab Panti Asuhan Berkah, Ustadz Ahmad Sahiba menilai, Ganjar merupakan figur pemimpin yang humble terhadap masyarakat. Juga menelurkan kebijakan pro rakyat serta peduli terhadap anak-anak yatim.

Salah satu bentuk kepeduliannya kepada anak yatim adalah selama Ramadhan, Ganjar mengoptimalkan program sembako panti asuhan. Termasuk meminta pemerintah daerah di 35 kabupaten/kota agar mengalokasikan anggaran untuk membantu warga dan anak yatim piatu yang terdampak pandemi Covid-19.

"Secara garis besar Beliau pemimpin yang baik, kebijakan beliau begitu pro dengan rakyat," ungkap Ahmad. Baca juga: Lahan Food Estate di Kalteng Diperluas Pemerintah hingga 82 Ribu Hektare

Selain menggaungkan dukungan untuk Ganjar Presiden 2024, dalam acara ini juga digelar lomba sholawat yang diikuti 6 kelompok dari berbagai ponpes di Palangka Raya.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1494 seconds (10.101#12.26)