Dramatis, Evakuasi Warga Tertimbun Longsor di Bantaran Sungai Pelus

Selasa, 20 September 2022 - 14:40 WIB
loading...
Dramatis, Evakuasi Warga Tertimbun Longsor di Bantaran Sungai Pelus
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban tertimbun tanah longsor di bantaran Sungai Pelus, Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Bencana tanah longsor menerjang wilayah Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah. Terjangan tanah longsor ini menimbun seorang nenek di tebing Kali Sungai Pelus, Senin (19/9/2022) malam.

Saat kejadian korban yang diketahui bernama Susilowati sedang tidur di rumahnya yang berada di bantaran Sungai Pelus. Hingga tiba-tiba terjadi longsor tebing setinggi 10 meter yang membuat rumah korban longsor.

Baca juga: Pencarian Korban Longsor Pamijahan Bogor Kembali Dilanjutkan

Korban yang sedang tertidur ikut jatuh ke jurang dan tertimbun longsoran tanah.

Suparti Rahayu, saksi kejadian menjelaskan, longsor juga membuat tiga rumah rusak parah tergerus longsoran. Sementara belasan rumah lainhya terancam dan warga mengungsi ketempat aman.

Sejumlah warga yang mengetahui kejadian tersebut tak bisa berbuat banyak karena derasnya arus Sungai Pelus.

Evakuasi korban berlangsung cukup dramatis. Pasalnya kondisi jasad korban tetimbun material tanah dan rumahnya sendiri yang longsor akibat tergerus Sungai Pelus yang berada tepat di belakang rumahnya.

Baca juga: Evakuasi Korban Longsor di Sumedang Dilanjutkan

Kapolsek Purwokerto Utara, Kompol Sambas menyatakan, jasad nenek susilowati akhirnya bisa dievajuasi tim SAR gabungan dan warga setempat.

"Setelah dievakuasi, jasad korban akhirnya dibawa ke rumah duka yaitu di rumah kerabatnya yang terhindar dari longsoran," ujarnya, Selasa (20/9/2022).



Kini warga yang berada di bantaran Sungai Pelus diminta untuk menempati lahan relokasi yang sebelumnya sudah disediakan. Hal ini dikarenakan kejadian tanah longsor di lokasi tersebut merupakan yang ke tiga kalinya dan pihak pemda setempat sudah memberikan lahan relokasi.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1977 seconds (11.210#12.26)