Ciptakan Generasi Muda Poduktif, Ganjar Launching Desa Bersih Narkoba

Senin, 19 September 2022 - 13:12 WIB
loading...
Ciptakan Generasi Muda Poduktif, Ganjar Launching Desa Bersih Narkoba
Gubernur Ganjar Pranowo me-launching program Desa Bersinar atau Bersih Narkoba bersama BNNP Jawa Tengah, Senin (19/9/2022). Program ini bertujuan menciptakan lingkungan yang bebas narkoba. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KLATEN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo me-launching program Desa Bersinar atau Bersih Narkoba bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah. Program ini bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman dari peredaran narkoba , terutama di kampung-kampung.

Program Desa Bersinar tersebut juga menindaklanjuti Perda No 1/2021 tentang Fasilitas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Ganjar mengatakan, pihaknya terus bekerja sama dengan BNNP dan kepala daerah se-Jawa Tengah untuk memberantas peredaran narkoba dengan memitigasi daerah-daerah yang rawan peredaran narkoba.

"Kami kerja sama dengan BNNP Jateng sudah cukup lama, nanti dengan BNNP di kabupaten kita bikin, maka akan pas. Kepala desa juga mampu mendeteksi adanya narkoba, mitigasinya sudah bisa dilakukan sejak sekarang," kata Ganjar, Senin (19/9/2022).

Ganjar menjelaskan, sosialisasi program Desa Bersinar bisa dilakukan kepada siapapun dan bahkan hingga tingkat paling bawah. Contohnya dengan menghampiri anak-anak muda yang sering berkerumun tanpa mengenal waktu.

Menurut Ganjar, anak-anak muda itu berpotensi terkena peredaran narkoba lantaran para pengedar yang memiliki banyak cara untuk menyasar mereka. Oleh sebab itu, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan dengan adanya Desa Bersinar antara lain kampanye anti narkoba dengan membuat video pendek maupun vlog.

Dengan demikian, warga desa dan anak muda yang mendiami Desa Bersinar bisa diberdayakan untuk menjadi lebih kreatif dan produktif lagi. Pada kesempatan itu Ganjar juga mengusulkan diadakan program tambahan dengan cara memilih 10 rumah di setiap desa untuk melakukan kontrol terhadap tetangganya yang terindikasi memakai narkoba.

Sebagai informasi, Pemprov Jawa Tengah dan BNNP saat ini memiliki program Desa Bersinar di 174 desa. Desa Bersinar ini akan terus direplikasi hingga angka pengguna narkoba di Jawa Tengah bisa turun.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)