Lepas Peserta Gowes Jelajah Gunungkidul, Ini Harapan Wamen KLHK Alue Dohong

Sabtu, 17 September 2022 - 16:31 WIB
loading...
Lepas Peserta Gowes Jelajah Gunungkidul, Ini Harapan Wamen KLHK Alue Dohong
Wamen KLHK, Alue Dohong menyatakan bahwa kegiatan Jelajah Gunung Kidul selain untuk meningkatkan kesehatan juga berkontribusi pada bumi untuk rendah emisi. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Wamen KLHK, Alue Dohong menyatakan bahwa kegiatan Jelajah Gunungkidul selain untuk meningkatkan kesehatan juga berkontribusi pada bumi untuk rendah emisi .

"Dengan gowes, kita akan mengurangi emisi sehingga Bumi kita menjadi lebih baik dan kualitas udara lebih bersih, langit tetap biru," kata Alue saat melepas para goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta, Sabtu (17/9/2022).

Ia menyampaikan harapannya, untuk kedepannya, kegiatan gowes ini bertransformasi menjadi satu kegiatan yang semakin dicintai masyarakat Indonesia.

"Sehingga kita bisa mewujudkan Indonesia rendah emisi, udara bersih dan langit biru," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa sangat penting kegiatan bersepeda ini dijadikan perhatian pemerintah pusat maupun daerah.

"Salah satunya dengan adanya trek atau jalur khusus sepeda, sehingga tidak bercampur dengan kendaraan lain, seperti sekarang," ucapnya lagi.

Ia menceritakan pengalamannya, saat tinggal empat tahun di Brisbane Australia, dimana pesepeda menjadi bagian ekosistem transportasi yang dihormati.

"Disana itu paling direspek pesepeda dan pejalan kaki itu, karena treknya rapih dan aman. Berbeda dengan di Indonesia, yang sering diklakson oleh para pengendara mobil atau motor. Dianggap mengganggu lalu lintas," ujar Alue.

Baca: Warga Kediri Ditemukan Tewas di Dalam Mobil, Ada Luka Melepuh di Tangan dan Kepala.

Karena itu, ia mendorong setiap daerah untuk memfasilitasi kegiatan bersepeda.

"Jadi kalau sudah bersepeda dengan aman dan nyaman, masyarakat sehat maka ekonominya juga akan sehat. Dan yang perlu diingat, walaupun ada kritik bahwa bersepeda itu tidak bermanfaat ekonomi, jangan kalah semangat. Dengan bersepeda maka ekonomi akan semakin sehat juga," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)