Program Merdeka Heppiii di Madiun, Magetan dan Ponorogo Momen Kebangkitan UMKM Tingkat Desa

Jum'at, 16 September 2022 - 04:25 WIB
loading...
Program Merdeka Heppiii di Madiun, Magetan dan Ponorogo Momen Kebangkitan UMKM Tingkat Desa
Seni Reog Ponorogo tampil dalam program Merdeka Heppiii yang menjadi moment kebangkitan UMKM di tingkat desa.Foto/ist
A A A
MADIUN - Program Merdeka Heppiii yang digelar sejak awal hingga akhir Agustus 2022 menjadi momen bangkitnya UMKM tingkat desa. Ada 25 desa di Madiun, Ponorogo, dan Magetan menggelar kegiatan ini.

Program di wilayah Madiun dan sekitarnya ini digelar dengan berbagai kegiatan yang memberikan ruang bagi UMKM untuk turut menggelar lapak dagangan mereka di lokasi. Berbagai kegiatan itu misalnya karnaval, hiburan rakyat musik dangdut, penampilan kesenian tradisional, hingga berbagai lomba yang menggerakkan ribuan warga. Kedatangan ribuan warga ini membawa berkah tersendiri bagi UMKM.

Baca juga: Ini Penampakan Mobil Menteri Pertanian Usai Tabrakan di Tol Jombang

Seperti di Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Magetan ini, ada acara selama seharian penuh dihadiri ribuan warga sekitar. Sejak pagi warga sudah berduyun-duyun mengikuti acara senam massal, lalu dilanjutkan dengan jalan sehat. Selama acara tersebut juga diisi dengan hiburan rakyat seperti musik dangdut.

"Kemarin kami membagikan sekitar 3.000-an kupon untuk warga kami, di sana banyak berjualan pedagang-pedagang kecil, jadi selama acara ini bisa membantu untuk warga buka warung dan lapak," jelas Priyo Sutanto selaku wakil Ketua Karang Taruna Baleasri, Kamis (15/9/2022).

Acara ini juga diisi dengan berbagai doorprize menarik untuk warga, seperti peralatan rumah tangga, dari kipas angin, setrika, rice cooker, ada juga hadiah peralatan pertanian dan lain sebagainya. Untuk hadiah utama juga cukup besar, yakni 5 ekor kambing.

Keseruan yang sama juga tersaji di Karta Dasa Mulyo Desa Candimulyo, Madiun. Berbagai acara yang digelar juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM setempat untuk membuka dagangannya.

Ketua Karta Dasa Mulyo Muhammad Ali Akbar mengatakan rangkaian acara di desanya digelar selama tujuh hari. Ada berbagai keseruan yang digelar, seperti malam tirakatan, karnaval serta lomba-lomba yang membuat kebersamaan warga makin terjalin.

"Kami juga memberikan hadiah menarik untuk kebutuhan rumah tangga seperti kompor gas, kipas angin, serta buku untuk anak-anak. Ada juga hadiah utama berupa dua ekor kambing," jelasnya.

Koordinator Heppiii Community Madiun Tri Prasetyanto sangat mengapresiasi semua desa yang ikut program ini. Kegiatan dengan melibatkan ribuan warga ini digelar setelah tahun lalu ada pandemi, sehingga saat itu hanya lebih ke perbaikan fasilitas umum (fasum) seperti pengecatan gapura, pos ronda warga, dan tempat ibadah.

"Tahun ini ada banyak kegiatan yang digelar sepanjang Agustus 2022 di Madiun, Magetan, Ponorogo. Dari kegiatan itu banyak memunculkan dampak positif untuk masyarakat langsung, seperti menjalin kerukunan sampai dengan ikut membantu UMKM warga sekitar," jelasnya
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1821 seconds (11.210#12.26)