Akademisi UIN Alauddin Apresiasi Kinerja Kapolrestabes Makassar Budhi Haryanto Ciptakan Keamanan

Kamis, 15 September 2022 - 09:05 WIB
loading...
Akademisi UIN Alauddin Apresiasi Kinerja Kapolrestabes Makassar Budhi Haryanto Ciptakan Keamanan
Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf.(Ist)
A A A
MAKASSAR - Kinerja Kapolrestabes Makassar Budhi Haryanto ciptakan keamanan mendapat apresiasi. Budhi dianggap profesionalisme, komitmen, dan ketegasan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat umum di Kota Makassar.

Demikian disampaikan oleh Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf. Dia juga mengatakan, hal demikian telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

Menurutnya, sejak awal menjabat Kapolretabes Makassar, tingkat kriminalitas dan kejahatan pada beberapa titik di Kota Makassar terbilang sangat tinggi, seperti pembusuran, begal, perang antar kelompok serta berbagai tindak kriminal lainnya.

Langkah strategis yang ditempuh Budi Haryanto, kata Ibnu Hadjar, adalah melakukan pendeteksian sejak dini terhadap para pelaku kriminal, menelusuri sumber pemicu terjadinya tindak kriminal, serta memetakan titik rawan yang menjadi sumber terjadinya kriminalitas.

"Kemampuan Kapolrestabes Makassar Budi Haryanto dalam mempolakan lokasi rawan kriminal merupakan solusi dalam meminimalisir tingkat kriminalitas di Kota Makassar. Salah satu yang dilakukan adalah bentuk perekrutan para eks preman atau pelaku kriminal dalam organisasi Batalyon 120," kata Ibnu dalam keterangannya, Kamis (15/9/2022).

Baca: Kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe Terus Memburuk, Kaki Mulai Membengkak.

Organisasi ini merupakan wadah kemitraan Forkompinda dalam kiprahnya menampung dan merekrut sejumlah mantan preman dan pelaku kejahatan di Kota Makassar yang selanjutnya dilakukan pembinaan agar menjadi manusia yang jauh lebih baik.

Ibnu menjelaskan, bentuk pembinaan tersebut dilakukan dengan memberikan ruang edukasi, pembinaan, serta membuka lapangan pekerjaan. Apa yang telah dilakukan Budi, kata Ibnu, membuahkan hasil dengan menurunnya tingkat kriminalitas di Kota Makassar.

Menanggapi penggerebekan di Markas Batalyon 120 sepenuhnya sudah sangat jelas melalui klarifikasi Kapolrestabes Makassar. Penemuan sejumlah busur dan senjata tajam merupakan barang-barang yang akan dikumpulkan oleh anak-anak Batalyon 120 yang selanjutnya diserahkan secara resmi kepada Kapolrestabes Makassar.

“Makanya kita kumpulkan dulu di markas barang-barang itu. Barang-barang itu nantinya akan diserahkan oleh anak-anak Batalyon 120 yang selanjutnya diberikan kepada Kapolrestabes Makassar secara resmi. Terkait pelepasan anak-anak batalyon 120 sudah sangat jelas klarifikasi yang dilakukan Kapolrestabes Makassar. Pelepasan anak-anak Batalyon 120 selanjutnya akan dilakukan pembinaan, karena tak ditemukan tindakan kriminal yang melanggar hukum," terang Ibnu.

Sejumlah media mengabarkan perihal pemusnahan barang serahan dan barang temuan senjata tajam di wailayah Hukum Polrestabes Makassar. Kegiatan itu bertempat di lapangan Apel Polrestabes Makassar yang di pimpin langsung Budi Haryanto.

Turut hadir juga Wali Kota Makassar Danny Pomanto, ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kajari Makassar Andi Sundari, dan para kapolsek jajaran Polrestabes Makassar.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1141 seconds (10.177#12.26)