Sumur Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Gemparkan Warga Ngoro Jombang

Senin, 12 September 2022 - 08:24 WIB
loading...
Sumur Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Gemparkan Warga Ngoro Jombang
Penemuan sumur kuno yang diduga peninggalan era Majapahit, menggemparkan warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Foto/iNews TV/Mukhtar Bagus
A A A
JOMBANG - Sumur kuno yang diduga peninggalan era Majapahit, ditemukan warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Penemuan sumur kuno tersebut, langsung membuat gempar warga.

Baca juga: Kisah Serangan Berdarah Raden Wijaya, Hancurkan 18.000 Pasukan Mongol

Keberadaan sumur kuno tersebut, diketahui warga saat sedang menggali tanah. Tiba-tiba dari bekas tanah yang digali muncul struktur sumur yang menjorok ke bawah. Dari permukaan tanah, letak sumur ini terpendam hanya pada kedalaman satu meter.



Kades Kesamben, WS. Yudha menyebutkan, dari penampakannya sumur kuno ini berbeda dengan sumur yang dimiliki warga. "Sumur kuno ini tidak terbuat dari struktur bata merah seperti biasanya, tetapi terbuat dari susunan jobong dengan tepian yang terbuat dari tanah liat yang dibakar," tuturnya.

Baca juga: Mengerikan! Banjir Bandang Tiba-tiba Terjang Rumah Warga di Pangandaran

Hebatnya lagi, meski telah terkubur di dalam tanah selama ratusan tahun, namun sumber air di dalam sumur ini masih mengalir kencang hingga sekarang. Lokasi ditemukannya sumur kuno tersebut, tidak jauh dari Patirtan Sumberbeji, yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

Sumur Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Gemparkan Warga Ngoro Jombang


Selain itu, di lokasi sumur ini warga juga menemukan pecahan bata kuno dan uang koin kuno. Diduga, keberadaan sumur kuno ini menjadi penanda bahwa kawasan tersebut merupakan pemukiman bagi masyarakat di era Majapahit.

Baca juga: Kisah Mpu Sindok, Pendiri Kerajaan Medang Mataram yang Memindahkan Pusat Pemerintahan ke Jawa Timur

Yudha mengaku, warga di desanya berharap pemerintah segera memeriksa dan meneliti sumur kuno yang mereka temukan ini, agar nilai sejarah yang ada di desa mereka dapat diungkap secara pasti.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1342 seconds (10.101#12.26)