Cuaca Buruk, Petani Durian asal Langkat Gagal Panen

Kamis, 02 Juli 2020 - 12:27 WIB
loading...
Cuaca Buruk, Petani Durian asal Langkat Gagal Panen
Tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda beberapa daerah di Sumut membuat hasil panen petani durian di Kabupaten Langkat turun drastis. FOTO : MNC Media/ M Andi Yusri
A A A
LANGKAT - Tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda beberapa daerah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sejak Juni 2020 berdampak buruk kepada hasil perkebunan petani durian di Desa Kwala Air Hitam Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat , Sumut.

Para petani durian tersebut telah gagal panen. Kualitas buah dan jumlahnya tidak sebanyak seperti tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan banyak buah durian milik warga yang berada di atas pohon setiap harinya telah banyak berguguran, sehingga petani tidak bisa menjual hasil kebun mereka kepada para agen durian.

Fahmi, seorang petani durian durian menuturkan, durian tahun ini tidak banyak berbuah. Kalaupun ada dalam satu pohon jumlah buahnya tidak banyak seperti tahun lalu dan tahun ini buah durian yang bisa dipanen hanya sekitar 10 sampai 15 buah per pohon.

"Durian tahun ini gagal panen. Kami tak banyak berharap. Kalau tahun sebelumnya buah durian di ladang kami ini cukup banyak untuk bisa kita panen, namun sekarang kondisinya jauh berbeda," tuturnya, Kamis (2/7/2020).(Baca juga : Pelaku Curanmor Ditangkap Marinir Yonif 8 Tangkahan Lagan di Langkat )

Ira, petani drian yang lain mengaku awalnya dia senang saat pohon durian muai berbunga apalagi pohon durian miliknya banyak mengeluarkan bunga. Namun, hingga buahnya keluar dari putik bunga tiba-tiba banyak yang berguguran.

"Padahal dulu bunganya banyak sekali, tapi mungkin karena kena cuaca buruk dan angin kencang sejak bulan juni ini, sehingga buah durian di atas pohon banyak yang gugur meski usia buah durian sudah mulai tua," ujarnya.

Dikatakannya, saat ini buah durian sudah besar dan bahkan sudah mulai masuk musim panen pertama. Hanya saja, panen kali ini tidak sesemarak panen tahun lalu. Di mana setiap harinya buah durian dari atas pohon banyak berguguran.

"Biasanya kami setiap tahun nya bisa mendapatkan penghasilan dari hasil panen buah durian dari kebun kami. Tapi tahun ini kami tidak bisa menikmati hasil buah seperti tahun sebelumnya. Ya berdoa aja lah bang, agar cuaca ke depanya tidak seburuk saat ini dan kami juga berharap semoga panen selanjutnya cuaca bisa lebih bersahabat, kepada para petani durian di Kabupaten Langkat khususnya," ungkap Ira.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)