IIK-Perhutani Salurkan Bantuan Sembako untuk Mitra Kerja Terdampak Pandemi

Rabu, 01 Juli 2020 - 21:36 WIB
loading...
IIK-Perhutani Salurkan Bantuan Sembako untuk Mitra Kerja Terdampak Pandemi
Pemberian bantuan 3.000 paket sembako oleh IIK-Perhutani kepada mitra kerja Perhutani terdampak COVID-19 yang dilakukan serentak di Divreg Jawa Barat dan Banten, Divreg Jawa Tengah, dan Divreg Jawa Timur. Foto/Dok.Perhutani
A A A
BANDUNG - Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIK-Perhutani) melakukan aksi bakti sosial (baksos) dengan membagikan 3.000 paket sembako kepada mitra kerja Perhutani yang terdampak COVID-19.

Pembagian ini dilaksanakan serentak selama dua hari, 1-2 Juli 2020 di masing-masing Divisi Regional (Divreg) Perhutani, yakni Divreg Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

Di Jawa Barat, bantuan sembako tersebut diberikan kepada masyarakat sekitar hutan terdampak pandemi di kawasan wisata alam Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu (1/7/2020).

Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro mengatakan, kegiatan baksos diinisiasi oleh IIK-Perhutani dengan mempertimbangkan kondisi dampak pandemi COVID-19.

Bantuan tersebut diberikan kepada mitra kerja Perhutani (masyarakat sekitar hutan) yang terdampak. Mengingat imbas wabah ini begitu luar biasa, sehingga bantuan se/mbako diharapkan dapat membantu meringankan beban mereka.

“Masyakarat sekitar hutan sebagai mitra kerja Perhutani telah banyak membantu dalam proses bisnis Perhutani. Jadi selayaknya kami berbagi dengan mereka, terlebih sekarang ini akibat pandemi COVID-19, banyak dari mereka yang kesulitan secara ekonomi,” kata Wahyu, Rabu (1/7/2020).

Paket sembako tersebut diterima oleh mitra kerja Perhutani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan beberapa profesi. Di antaranya penyadap getah pinus, petani penggarap/pesanggem, tenaga petik daun kayu putih, tenaga tebang/blandong, serta pekerja wisata. "Bantuan diserahkan oleh Perwakilan Direksi, Divisi Regional, KPH serta IIK-Perhutani," ujar Wahyu.

Lokasi kegiatan pemberian bantuan, tutur Dirut Perhutani, untuk di Divreg Jawa Barat dan Banten dilaksanakan di Wana Wisata Kawah Putih Kabupaten Bandung.

Lokasi kegiatan Divreg Jawa Tengah berada ditiga Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), yakni di KPH Banyumas Timur, Semarang dan Cepu. Sedangkan untuk Divreg Jawa Timur dilakukan di Taman Trembesi Madiun.

"Jumlah penerima bantuan seperti di KPH Banyumas Timur sebanyak 211 orang, KPH Semarang sebanyak 434, KPH Cepu sebanyak 355, KPH Ngawi 250, KPH Saradan 250, KPH Madiun 250, KPH Lawu Ds 250, KPH Bandung Selatan 500, dan KPH Garut 500 orang," tutur dia.

Ketua IIK-Perhutani Zuryati Simbolon Wahyu Kuncoro mengungkapkan, bantuan sosial tersebut merupakan wujud kepedulian IIK-Perhutani terhadap masyarakat sekitar hutan yang terdampak pandemi COVID-19.

“Ini wujud kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar hutan. Meskipun tidak seberapa, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Mari kita semua berdoa agar pandemi ini segera berlalu dan kembali menjalani kehidupan normal seperti semula," ungkap Zuryati.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)