Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Garut Ludes Terbakar

Senin, 05 September 2022 - 06:29 WIB
loading...
Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Garut Ludes Terbakar
- Satu rumah warga semi permanen di Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar hebat Minggu (4/9/2022) malam. SINDOnews/Fani
A A A
GARUT - Satu rumah warga semi permanen di Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar hebat Minggu (4/9/2022) malam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya rumah yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut.

Dari informasi yang diterima MNC Portal Indonesia, rumah yang terbakar ini milik seorang warga bernama Koko (63), warga Kampung Babakan Lalay, Desa Mekartani, Kecamatan Singajaya. Rumah tersebut terbakar sekitar pukul 18.00 WIB.

Sekretaris Desa Mekartani, Rudi, menduga kebakaran terjadi akibat korsleting arus listrik. Ia menyebut kebakaran itu menghanguskan seluruh bagian rumah yang berukuran 10x8,5 itu beserta isinya. "Bahan rumah dari kayu dan bambu membuat api cepat merambat," kata Rudi.

Rudi mengungkapkan api nyaris merambat ke sejumlah rumah warga lain di perkampungan tersebut. "Warga langsung berkerumun ke lokasi. Upaya pemadaman hanya sederhana dengan menggunakan ember saja, beruntung api berhasil dihalau warga," ujarnya.

Koko dan keluarganya, lanjut Rudi, telah diungsikan ke rumah saudaranya. Pihak Pemerintah Desa Mekartani memprediksi kerugian akibat lebaran itu mencapai Rp84 juta. "Kerugian materil tersebut meliputi seluruh harta benda yang ada di dalam rumah," katanya.

Baca: Adopsi Anak Hasil Hubungan Gelap Oknum Polisi Berujung Jadi Tersangka, Yulis Hanya Bisa Menangis.

Ia menerangkan, pemerintah setempat telah melakukan sejumlah langkah penanganan, seperti melakukan evakuasi bersama unsur terkait dalam upaya penanganan assessment kejadian.

Sejumlah pihak terkait seperti Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kecamatan Singajaya dan masyarakat dilibatkan dalam menanggulangi musibah kebakaran tersebut.

Baca Juga: Memilukan! Adopsi Anak Hasil Hubungan Gelap Oknum Polisi, Pasutri di Luwu Timur Jadi Tersangka.

"Kami terus mengimbau apabila terjadi peristiwa serupa ataupun lainnya agar segera melapor ke pemerintah setempat," ujarnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)