Latihan SAR Gabungan di Semarang Selamatkan 3 Nelayan Tenggelam

Sabtu, 03 September 2022 - 16:25 WIB
loading...
Latihan SAR Gabungan di Semarang Selamatkan 3 Nelayan Tenggelam
Ilustrasi orang tenggelam. Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Tiga orang nelayan yang tenggelam setelah kapal yang ditumpanginya karam, di perairan Semarang, ditemukan selamat. Selanjutnya, ketiga nelayan itu dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan medis.

Dir Polairud Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi mengatakan, ketiga nelayan itu sempat terseret arus ke tengah laut.

"Ketiganya berhasil diselamatkan dengan metode raw dan RTP. Selanjutnya, ketiga nelayan itu dibawa ke darat dan rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis," katanya, kepada wartawan, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: SAR Indonesia-Malaysia Latihan Bersama, Perkuat Operasi Pertolongan 2 Negara

Dilanjutkan dia, Penyelamatan ketua nelayan ini merupakan bagian dari simulasi latihan tim SAR Arnavat yang digelar Dirpolairud Polda Jawa Tengah, bersama kantor SAR Jawa Tengah.

"Ada sebanyak 200 orang yang dilibatkan dari unsur masyarakat pesisir laut sebagai Tim SAR Arnavat Dirpolairud Polda Jawa Tengah," sambungnya.

Baca: TB Mitra Jaya XIX Terbalik, Kantor SAR Surabaya kerahkan KN SAR Antasena

Dilanjutkan dia, berdasarkan data yang masuk sepanjang tahun 2021, telah terjadi sebanyak 107 kecelakaan laut berupa wisatawan tenggelam atau kecelakaan kapal laut.

Sementara pada semester satu ini, terdapat 37 kasus dan 4 kasus di antaranya kapal tenggelam dengan korban jiwa lima orang. Latihan SAR ditutup dengan aksi menanam 200 pohon cemara laut.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1672 seconds (11.252#12.26)