Selidiki Kasus Dugaan Korupsi Revitalisasi Saluran Air, Polda Kaltara Geledah Sejumlah Tempat

Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:11 WIB
loading...
Selidiki Kasus Dugaan Korupsi Revitalisasi Saluran Air, Polda Kaltara Geledah Sejumlah Tempat
Dirkrimsus Polda Kaltara Kombes Pol Hendi Kurniawan menggeledah Kantor Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Kalimantan Utara, Dinas PU di Jalan Cendana, Kecamatan Tanjung Selor. (Ist)
A A A
TANJUNG SELOR - Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kaltara Kombes Pol Hendi Kurniawan menggeledah Kantor Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Kalimantan Utara, Dinas PU di Jalan Cendana, Kecamatan Tanjung Selor.

Sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap menjaga ketat pintu masuk Kantor Dinas PUPR Provinsi Kaltara. Sebelum menggeledah kantor tersebut, Hendi terlebih dahulu menggeledah rumah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Dalam penggeledahan yang berjalan dari pukul 13.00-17.30 Wita, banyak dokumen yang menyangkut pembangunan Revitalisasi Saluran Air Malinau Mansalong 2021 yang diangkut. Setelah itu dilanjutkan dengan menggeledah Kantor PPK 1.3 yang dimulai dari magrib pukul 18.30 hingga pukul 20.00 Wita.

“Kita lanjut dengan menggeledah kantor PPK, kita mengamankan beberapa dokumen kembali terkait dengan nilai perencanaan pekerjaan sampai dengan lelang,” ucapnya, Rabu (31/8/2022).

Tak hanya dokumen yang dimuat dalam box plastik yang besar, petugas gabungan dari Ditreskrimsus, Propam Polda Kaltara hingga Sat Brimob juga mengamankan puluhan stempel yang berkaitan dengan kegiatan Revitalisasi Saluran Air Malinau Mansalong. “Nanti kita lakukan pendalaman terkait dengan penggunaan stempel tersebut, jumlahnya ada puluhan stempel,” tuturnya.

Dia menyebutkan agar tidak ada upaya menghilangkan barang bukti, pihaknya pun bergerak cepat melakukan pengamanan barang bukti. Di mana dalam penggeledahan di tiga lokasi ini, semuanya di saksikan oleh pemilik atau pejabat dari PPK. “Penghilangan barang bukti sementara ini belum, kita bergerak cepat mengamankan bukti-bukti yang berkaitan dengan perkara yang kami tangani,” jelasnya.

Usai melaksanakan penggeledahan, pihaknya akan langsung melakukan pendalaman terkait peran semua yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi ini, lalu pelaksana di lapangan dan lainnya yang berkaitan. “Untuk ranah teknis penyidikan dan pendalaman penyidikan kita belum bisa sharing. Untuk hari ini lokasi yang digeledah cukup, jika ke depannya ada kita akan lakukan pengembangan,” katanya.

Baca: Dihantam Gelombang Tinggi, Kios di Sepanjang Pantai Cilacap Porakporanda.

Seperti diketahui, sepak terjang Kombes Pol Hendi F Kurniawan dalam mengungkap kasus rasuah sudah tak diragukan lagi. Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini pernah membuat gempar Kaltara dengan membongkar kasus polisi tajir Briptu Hasbudi pada Rabu 4 Mei 2022 lalu di Bandara Juwata Tarakan.

Sebelum menjadi Kapolres Karawang, Hendi menjabat sebagai Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dia juga pernah menduduki jabatan sebagai Wadireskrimsus Polda Banten. Kemudian Wadireskrimsus Polda Metro Jaya menggantikan AKBP Edy Suranta Sitepu yang menjabat Kapolresta Banyumas Polda Jawa Tengah.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2035 seconds (11.252#12.26)