35 Perahu Sandeq Sulbar Berlayar Menuju IKN Nusantara

Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:50 WIB
loading...
35 Perahu Sandeq Sulbar Berlayar Menuju IKN Nusantara
Sebanyak 35 perahu Sandeq asal Sulawesi Barat (Sulbar) mengikuti Lomba Sandeq 2022 yang dilepas oleh Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik di Tanjung Silopo, Polman. Foto/Ist
A A A
POLMAN - Sebanyak 35 perahu Sandeq asal Sulawesi Barat (Sulbar) mengikuti Lomba Sandeq 2022. Pelepasan perahu Sandeq atau Maparonding Lopi dilakukan oleh Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik di Tanjung Silopo, Polman Rabu (31/8/2022).

35 Perahu Sandeq Sulbar Berlayar Menuju IKN Nusantara


Etape pertama dimulai, dari Silopo (Polman) menuju Banggae (Majene). Dari 35 perahu Sandeq itu, 28 di antaranya berlomba kecepatan mulai dari Pantai Silopo hingga Pantai Manggar, Kalimantan Timur atau wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sedangkan 7 perahu Sandek lainnya kategori originalitas.



"Etape pertama saya buka," ujar Akmal disambut gemuruh ribuan penonton di Pantai Silopo.

Pj Gubernur Sulbar mengucapkan terima kasih kepada para sponsor kegiatan. Baik dari pemerintah kabupaten yang ada di Sulbar maupun pihak swasta dan perseorangan.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat melestarikan maha karya maritim kita ini," ujarnya.

Acara pelepasan Passandeq dimulai dengan ritual Mapparondong Lopi. Tak lupa pula, Akmal mengajak seluruh masyarakat, mendoakan para Passandeq agar tiba dengan selamat di tujuan.



Ketua Panitia Lokal Festival Sandeq 2022, Ridwan Alimuddin menyatakan bahwa dari 35 Sandeq hanya 28 perahu Sandeq yang berlomba untuk kecepatan. Sisanya, yakni 7 perahu Sandeq berlomba untuk aspek originalitas Sandeq.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)