TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa Bakti untuk Negeri, Bangun Jalan Desa 1 Km di Tangerang

Selasa, 30 Agustus 2022 - 10:33 WIB
loading...
TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa Bakti untuk Negeri, Bangun Jalan Desa 1 Km di Tangerang
Kodim 0510/Tigaraksa melalui TMMD 114 berhasil membangun jalan desa sepanjang 1 kilometer di Desa Waliwis, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Banten. Foto/MPI/Wahyu Triyogo
A A A
TANGERANG - Kodim 0510/Tigaraksa berhasil membangun jalan desa sepanjang kurang lebih 1 kilometer (Km) di Desa Waliwis, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembangunan dilaksanakan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 114.

TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa Bakti untuk Negeri, Bangun Jalan Desa 1 Km di Tangerang


Warga antusias menyambut jalan desa yang baru saja selesai dibangun. Pasalnya sudah cukup lama warga Desa Waliwis menantikan pembangunan jalan yang kini jadi salah satu akses utama beraktivitas.


Proses pembangunan jalan desa itu memakan waktu kurang lebih lebih sekitar satu bulan.

Salah satu warga Desa Waliwis, Dirman menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0510/Tigaraksa yang melaksanakan program TMMD 114.

TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa Bakti untuk Negeri, Bangun Jalan Desa 1 Km di Tangerang


“Atas nama masyarakat Desa Waliwis, saya sampaikan terima kasih terutama kepada TNI yang sudah membangun jalan desa. Dengan adanya pembangunan jalan ini masyarakat bisa menikmati serta mempermudah akses untuk berbagai aktivitas,” jelas Dirman di lokasi pembangunan jalan desa, Senin (22/8/2022).



Jalan desa yang baru selesai dibangun melalui program TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa menjadi jalan penghubung antar desa di wilayah Mekar Baru, Kabupaten Tengerang.

Dengan adanya jalan ini mobilitas warga semakin mudah sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa

Keberhasilan pembangunan jalan desa melalui program TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa menuai pujian dari Koorsahli KSAD, Letjen TNI Afini Boer yang datang langsung ke lokasi, Senin (22/8/2022).

“Kita mengecek langsung kegiatan TMMD ada sasaran yang bersifat fisik seperti pembangunan jalan desa, sudah selesai dikerjakan, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan mempermudah aktivitas warga,” kata Letjen TNI Afini Boer.

TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa Bakti untuk Negeri, Bangun Jalan Desa 1 Km di Tangerang


TMMD merupakan bagian dari instrumen perintah harian Kasad. Dansatgas TMMD Reguler Ke-114 Kodim 0510/Tigaraksa, Letkol Arh Syarief SB menjelaskan, ratusan Satgas TMMD diterjunkan ke masyarakat selama 30 hari untuk melaksanakan sejumlah program pemberdayaan masyarakat desa.

"Selama kegiatan TMMD di Desa Waliwis, personel Satgas TMMD tidak hanya mengerjakan fisik seperti pengecoran jalan. Namun berbaur dengan warga membantu pekerjaan-pekerjaan masyarakat seperti membantu petani membersihkan rumput di tanaman padi, membersihkan tempat-tempat ibadah dan membatu kegiatan masyarakat lainya," ungkapnya.

Lebih lanjut Dansatgas menambahkan, tujuan dari TMMD ini adalah membangkitkan kembali rasa gotong royong, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyatnya.



"TMMD Reguler 114 Kodim 0510/Tigaraksa diharapkan dapat memajukan perekonomian masyarakat dengan jalan yang mulus dan bagus dan dapat meningkatkan kembali rasa kebersamaan setelah 30 hari bersama TNI," jelasnya.

Di usia Ke-42 tahun TMMD menjadi salah satu program yang dinantikan dan didambakan masyarakat. Program yang pertama kali dicetuskan pada tahun 1980 dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan salah satu wujud operasi bakti dan pengabdian TNI kepada masyarakat.

Tujuannya membantu percepatan pembangunan baik secara fisik maupun mental bagi desa-desa di seluruh pelosok tanah air.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, program TMMD konsisten terus membantu pemerintah dalam pembangunan sampai ke pelosok desa.

Sejak bernama Program ABRI masuk desa sampai namanya TMMD terus berkesinambungan turut serta membangun desa yang selama ini belum terjangkau oleh program pemerintah.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama TNI dan seluruh komponen terkait telah menyelesaikan pembangunan jalan beton desa sepanjang 750 meter, empat titik gorong-gorong dan turab sepanjang 200 meter serta kegiatan non fisik seperti layanan kesehatan vaksinasi dan donor darah, juga sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat di Desa Waliwis," ucapnya.

Sekda berharap program TMMD tersebut dapat terus dilakukan secara berkesinambungan agar pemerintah dan TNI hadir bersama masyarakat dalam membangun desa, baik secara infrastruktur desa maupun peningkatan kualitas sumberdaya manusia demi keutuhan NKRI.

"Saya berharap kegiatan TMMD terus berlanjut sehingga infrastruktur desa terus ditingkatkan bersama TNI dan rakyat," tandas Sekda.

Sementara, Camat Mekar Baru, Miftah Shuritho menambahkan pembangunan jalan Desa Waliwis merupakan jalan yang menghubungkan Kampung Bendum ke Kampung Cibatu.

"Sebelumnya jalan tersebut terhenti pembangunannya, dan saat ini berhasil diselesaikan melalui program TMMD dan Pemerintah Kabupaten Tangerang," kata Miftah.

Penutupan Program TMMD ke-114 Kodim 0510/Tigaraksa, dilaksanakan di Stadion Mini Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang, Rabu (24/8/2022).

Kapoksahli Pangdam Jaya, Brigjen TNI F.F. Fransis Wewengkang saat menutup program ini mengapresiasi pelaksanaan TMMD 114 di Desa Waliwis, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya melalui program TNI Manunggal Membangun Desa pembangunan jalan desa bisa dilaksanakan tepat waktu. Ini telah memberikan dampak positif di tengah-tengah masyarakat kita,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)