Bobby Nasution Bangga UMSU Mampu Terapkan E-Learning saat Pandemi Covid-19

Rabu, 01 Juli 2020 - 13:28 WIB
loading...
Bobby Nasution Bangga UMSU Mampu Terapkan E-Learning saat Pandemi Covid-19
Rektor UMSU Medan Agussani saat berdiskusi dengan Bobby Nasution. (Foto/Ist)
A A A
MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menunjukkan kesiapannya menjalankan protokol kesehatan di lingkungan kampus, saat dikunjungi bakal calon wali kota Medan Bobby Nasution..

Dalam silaturahim di Kampus Jalan Mukhtar Basri, itu Bobby Nasution disambut Rektor UMSU, Agussani dan jajaran civitas akademiknya. Kepada penggagas #KolaborasiMedanBerkah itu, UMSU membeber program e-learning (proses belajar-mengajar dalam jaringan/daring) guna menghadapi era kenormalan baru (new normal). (BACA JUGA: Bea Cukai - Kodam I/BB Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal Senilai Rp1,14 Miliar)

"UMSU mempersiapkan sistem e-learning sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada kendala-kendala yang akan kita hadapi memang. Tapi Insya Allah dapat kita lalui sebaik-baiknya,” kata Wakil Rektor I UMSU, Muhammad Arifin, Selasa (30/6/2020)

Kandidat Doktor ini mengakui, tidak semua dosen paham memanfaatkan information technology (IT) untuk e-learning. Karenanya, universitas yang sejak 1957 sudah menghasilkan puluhan ribu alumni ini melakukan pedekatan-pendekatan kepada setiap dosen.

“Dimana, dalam setiap aktivitas daring, ada operator yang kita siapkan untuk membantu dosen dalam mempersiapkan proses pembelajaran,” jelasnya.

Menurut Arifin, sejak pandemi Covid-19 UMSU sudah menerapkan sistem pembelajaran daring dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Bahkan, ujian pun dilaksanakan dengan sistem daring.

Maka itu, jika pandemi Covid-19 belum bisa selesai di tahun ajaran baru ini, civitas akademika sudah merencanakan sistem e-learning, dan perkuliahan dengan sistem daring. Termasuk nanti penerimaan mahasiswa baru memakai sistem daring.

“Banyak pembelajaran yang bisa kita petik dalam pandemi Covid-19 ini. Diantaranya, kita memang lebih mengintensifkan pengenalan sistem IT. Pembelajaran pun menggunakan sistem IT,” tuturnya.

Sementara itu saat bincang-bincang dengan Bobby Nasution, Rektor Agussani mengungkap proses pembelajaran daring diperkirakan berlanjut hingga awal 2021. Karena itu, proses penerimaan dan orientasi mahasiswa baru juga dilakukan daring.“Jadi jumpa mahasiswa baru nanti di tahun 2021. Itu akan dilakukan proses pembelajaran tatap muka,” jelas dia.

Di masa new normal, jelasnya, selain wajib pakai masker dan cuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun, seluruh civitas akademika UMSU disarankan untuk tidak berbagi peralatan kerja atau makanan saat berada di lingkungan kampus. Sehingga harus membawa alat makan sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)