La Nyala Janji Bantu Perjuangkan Pembangunan Bandara Lasondre di Nias Selatan

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 06:01 WIB
loading...
La Nyala Janji Bantu Perjuangkan Pembangunan Bandara Lasondre di Nias Selatan
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti saat bersilaturrahmi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (25/8/2022 ). Foto: Istimewa
A A A
MEDAN - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti , berjanji akan ikut memperjuangkan dana dari Kementerian Perhubungan untuk pengembangan Bandara Lasondre yang berada di Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan .

Hal itu dinyatakan La Nyala saat melakukan kunjungan silaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Kamis (25/8/2022).

Hadir dalam kesempatan para senator lainnya Fachrul Rozi, Dedi Iskandar Batubara, Muhammad Nuh dan Faisal Amri (calon Pengganti Antar Waktu DPD RI dari Sumut).

Baca juga: Resmi Serahkan Dokumen Pencalonan Ketua PB MI, LaNyalla Mattalitti Penuhi Syarat

Kunjungan Ketua DPD RI di Sumut selama tiga hari antara lain menjadi pembicara di beberapa universitas negeri dan swasta, serta menjadi pembicara pada Kongres Umat Islam Sumut yang akan berlangsung 26-27 Agustus 2022 di Asrama Haji Medan.



Pembicaraan pengembangan Bandara Lasondre ini setelah anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara menyampaikan hasil kunjungannya ke Pulau-Pulau Batu yang memiliki potensi laut, wisata dan pertanian yang besar untuk dikembangkan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sangat menyambut baik dukungan DPD RI, sebab dirinya menyatakan bahwa ada upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengembangkan bandara ini sebagai alat transportasi unggulan di Pulau-Pulau Batu.

Baca juga: Dukung Perkembangan Batik Pesisir Selatan, LaNyalla: Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

Gubernur menyatakan menerima laporan Kepala UPT Bandara Lasondre, bila bandara ini ingin dikembangkan maka yang paling diprioritaskan adalah penambahan runway, agar bisa didarati pesawat yang lebih besar.

Menurutnya, Bandara Lasondre saat ini merupakan Bandara Perintis, yang beroperasi hanya pesawat jenis Caravan, melayani penerbangan dua kali dalam sepekan. Gubernur menyatakan keinginannya untuk mengembangkan Bandara Perintis ini menjadi Bandara komersial dengan menambah ketebalan runway dari PCN- 12 menjadi PCN 20. "Kami ingin pesawat yang beroperasi berjenis tipe ATR 72-600," ujar Edy.

Untuk panjang runway menurutnya, masih cukup dengan panjang saat ini 1.400 meter dan lebar 30 meter. Atas dukungan Ketua DPD RI, Edy Rahmayadi pun menyampaikan apresiasi dan segera akan mempersiapkan administrasinya yang diharapkan dapat ditampung pada APBN 2024/2025.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1551 seconds (10.55#12.26)