Sambut HUT RI, Kualitas Pendidikan Anak Pesisir di Anambas Meningkat

Selasa, 23 Agustus 2022 - 21:19 WIB
loading...
Sambut HUT RI, Kualitas Pendidikan Anak Pesisir di Anambas Meningkat
Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia, Yayasan BUMN menggelar kegiatan sosial di lima tempat berbeda, yaitu Kepulauan Anambas, Karangasem, Bunaken, Badui, Surakarta dan Way Kambas. (Ist)
A A A
ANAMBAS - Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia, Yayasan BUMN menggelar kegiatan sosial di lima tempat berbeda, yaitu Kepulauan Anambas, Karangasem, Bunaken, Badui, Surakarta dan Way Kambas. Peningkatan ekonomi dan pendidikan bagi masyarakat pesisir menjadi misi utama kegiatan.

Program Relawan Bakti BUMN untuk Indonesia hadir sebagai persembahan BUMN untuk Indonesia yang merupakan inisasi Kementerian BUMN dilakukan sesuai dengan amanat Presiden Jokowi. Bakti sosial dilakukan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyambut baik kegiatan ini. Ia pun berterima kasih terhadap BUMN dan Peserta Relawan Bakti BUMN.

“Atas perhatian, kunjungan dan bantuan-bantuan yang diberikan kepada kami, tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya yang tinggal di daerah perbatasan NKRI, semoga ini dapat menjadi berkah bagi semua,” kata Bupati dalam siaran persnya, Selasa (23/8/2022).

Yayasan BUMN untuk Indonesia selaku Organisasi Sosial yang memiliki fokus di wilayah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal) ditunjuk sebagai salah satu Pelaksana pada Program Relawan Bakti BUMN Batch 2. Kepulauan Anambas sendiri sebagai wilayah kepulauan yang sebagian besar Masyarakatnya berprofesi sebagai Nelayan.

Kegiatan disana sendiri telah berlangsung sejak pembukaan Pesta Rakyat di Desa Ladan, Pulau Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (12/8/2022) lalu.

Harjawan Balaningrath selaku Ketua Yayasan BUMN menyerahkan bantuan kepada Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas.

Bantuan yang diberikan berupa 1 Unit Mesin Pembuat Es dan 40 Buah Cool Box bagi kelompok Nelayan, 1 Unit Kapal Ambulans Laut dan 3 Unit Oxygen Concentrator, dan 30 Unit Personal Computer (PC), 4 Unit Perpustakaan Digital, serta Beasiswa bagi 60 Siswa tingkat SD, SMP dan SMA.

Pemberian itu yang dilakukan Yayasan BUMN juga mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan yang diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), MIND ID, PT Telkomsel dan PT Cikarang Listrindo.

“Hadirnya kami disini merupakan bentuk nyata BUMN dalam menjalankan pilar Corporate Social Resposibility (CSR) yang ditentukan Kementerian BUMN yaitu fokus pada bidang Pendidikan, UMKM dan Lingkungan,” kata Harjawan.

Selain itu, diharapkan dengan kedatangan tim di bulan Kemerdekaan RI ke 77 dapat pula memberikan penebalan rasa nasionalisme Masyarakat mengingat Kepulauan Anambas merupakan Kabupaten terdepan Indonesia yang berhadapan langsung dengan negara lain diantaranya negara Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Terkait Program Relawan Bakti BUMN ditambahkan oleh Fachrudin, Perwakilan TJSL Kementerian BUMN bertujuan untuk melakukan beberapa kegiatan sosial dengan Tema ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak dan Perekonomian Nelayan’.

“Relawan ini akan turun langsung dan membantu dalam pengoperasian barang bantuan yang diberikan dan juga memberikan saran masukan dan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan ekonomi nelayan dan pendidikan bagi anak,” katanya.

Baca: Terungkap, Hasil Tes Urine Kapolsek Sukodono dan 2 Anggota Positif Sabu.

Terpisah Menteri BUMN, Erick Thohir pada siaran pers nya juga menyampaikan program ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi insan BUMN dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan Masyarakat.

“Hal ini menjadi bukti bahwa sinergitas antara BUMN dan Masyarakat harus terus terjalin erat, dan semoga program yang baik ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, serta beliau berharap program ini tidak berhenti di sini dan dapat berlanjut dengan berbagai inovasi ke depan,” kata Erick.

Kementerian BUMN bersama seluruh BUMN berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan terus mengimplementasi berbagai program, demi membangun Indonesia untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1199 seconds (10.101#12.26)